BLANGKEJEREN-BANDA ACEH LONGSOR

Gayo Lues-andalas Puluhan titik di ruas Jalan Lintas Blangkejeren menuju Banda Aceh mengalami longsor yang sangat parah. Akibatnya, kendaraan yang melintas harus hati-hati karena jalan yang sempit dipenuhi lumpur yang turun dari pegunungan.

Darwin salah seorang pengguna jalan yang baru pulang dari Aceh Tengah, Kamis (7/2) mengatakan, puluhan titik jalan yang mengalami longsor dan jalan amblas mulai dari Desa Leme Kecamatan Blangkejeren, Desa Cane Toa, Pantan Cuaca, serta di beberapa bagian lainnya sebelum sampai ke daerah Ise-ise.

“Di musim penghujan ini, keadaan jalan lintas Blangkejeren menuju Banda Aceh sagat parah. Bahkan sangat susah dilalui, sebab tidak ada alat berat yang disiagakan oleh pihak projabal di seputaran lokasi yang rawan longsor,” katanya.

Ia berharap, pihak terkait yang menangani perawatan Jalan Ise-ise hingga ke Lawe Aunan Kabupaten Aceh Tenggara tidak tinggal diam yang hanya bekerja di atas meja. Sebab, jika longsor dan jalan amblas dibiarkan, dalam waktu dekat Jalan Blangkejeren menuju Banda Aceh tidak bisa lagi dilalui.

“Seharusnya sebelum terjadi jalan putus, pihak terkait sudah melakukan perbaikan, dan jika ada longsoran yang turun ke jalan. Maka, dibersihkan dengan segera, sehingga jalan lintas negara itu tetap bias dilintasi oleh pengendara yang melintas,” katanya saat ia pulang ke Blangkejeren ada salah satu kendaraan roda dua jatuh di longsor Desa Cane Toa.

Sementara, wartawan yang menerima informasi tersebut langsung turun ke lokasi longsor, dan tidak lagi menemukan pengendara yang terjatuh di lokasi longsoran. Pantauan andalas, selain tanah gunung yang turun, satu batang pohon Pinus ikut tumbang bersama tanah yang dipenuhi air.

Dari sekitar lima meter lebar jalan, yang bisa dilintasi warga hanya sekitar dua setengah meter lagi. Sehingga, hal ini sangat membahayakan pengendara yang melintas akibat lumpur yang turun sangat licin. (NUAR)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *