JUMLAH PEMILIH DI MEDAN 2.030.257

MEDAN – Jumlah pemilih di Kota Medan sesuai dengan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tercatat  2.030.257 orang.  DP4 ini sudah akurat dan telah dikemas dalam bentuk compact disc untuk penyediaan data pemilih dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemilu 2014.

Hal ini terungkap ketika Walikota Medan, Rahudman Harahap, menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Evi Novinda Ginting di Balai Kota Medan.

“DP4 yang kita serahkan ini guna membantu KPU Kota Medan sejak awal untuk melakukan verifikasi terkait jumlah pemilih. Artinya, agar tidak terjadinya pemilih ganda ataupun penggelembungan suara. Jadi jumlah  2.030.257 yang kita serahkan ini merupakan jumlah pemilih potensial di Kota Medan,” kata Walikota, hari ini.

Mengenai kemungkinan adanya penambah terkait  ada warga yang belum terdata,  lanjut Walikota, akan segera dilakukan verifikasi kepada camat dan lurah. Sebab, camat dan lurah yang lebih mengetahui apakah warganya belum terdata atau tidak. Jika itu telah dilakukan, maka tidak akan ada lagi warga yang mengeluh belum terdaftar sebagai pemilih.

Selanjutnya Walikota menjelaskan, DP4 yang diserahkan ini  selanjutnya menjadi bahan yang akan diproses lebih lanjut oleh KPU Kota Medan  melalui tahapan pemutakhiran data pemilih, penyusunan dan pengumunan daftar pemilihan sementara (DPS) sampai akhirnya ditetapkan menjadi DPT (daftar pemilihan tetap).

“Itu sebabnya pemerintah daerah (Pemko Medan) telah berupaya secara sungguh-sungguh untuk mempersiapkan data kependudukan dalam bentuk DP4 yang jauh lebih akurat, merupakan perwujudan akuntabilitas dan aktualisasi dari kewajiban dan tanggung jawab moral  untuk berperan dalam memperbaiki kualitas penyelenggaraan Pemilu dari waktu ke waktu secara konsisten sebagai dari proses penguatan dan pendalaman demokrasi,” jelasnya.

Menurut Walikota, penyerahan DP4 ini yang dilakukan hari ini tidak hanya Pemko Medan saja tetapi  dilaksanakan secara serentak  di 33 provinsi dan 491 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sebab, penyerahan DP4 ini merupakan bagian tahapan yang sangat penting dan strategis  dalam penyelenggaraan Pemilu 2014.

Sementara itu Ketua KPU Kota Medan, Evi Novinda Ginting mengatakan, pihaknya setelah menerima DP4 dari Walikota ini selanjutnya akan melakukan pencermatan. Artinya, DP4 itu akan dibandingkan lagi dengan DPT pada pemilu terakhir. Setelah itu barulah dilakukan pemutakhiran data pemilih yang seyogyanya akan berakhir pada Juni mendatang.

‘Itu belum lagi dalam penyusuan DPS dan DPT. Artinya waktu masih panjang bagi kita untuk mencermati dan memverifikasi. Inilah yang kita harapkan agar daftar pemilih yang dihasilkan nanti lebih akurat lagi,” harap Evi.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *