BUPATI MADINA AKAN TERTIBKAN TAMBANG RAKYAT

MADINA – Setelah ada jatuh korban akibat longsor di lokasi tambang emas, Bupati Mandailing Natal (Madina), M Hidayat Batubara, akan menertibkan pertambangan rakyat tanpa mengkesampingkan kearifan lokal yang ada di daerah tersebut.

“Kita juga harus memikirkan rakyat yang sudah lama menggantungkan hidupnya pada tambang itu,” kata Bupati Madina kepada wartawan, hari ini.

Menurut dia, Pemkab Madina sebetulnya bukan tidak memberikan izin tambang rakyat kepada masyarakat bila memang ada payung hukum ataupun Perdanya.

Terkait dengan izin untuk tambang rakyat, Bupati mengaku sudah bertemu Kapolres dengan pihak PT Sorik Mas Mining agar sebahagian wilayahnya diberikan usaha tambang rakyat.

“Waktu itu mereka menyambut dengan baik, namun sekarang ini kita harus menggodok payung hukumnya dengan DPRD,” sebut Bupati. Bupati juga mengaku, pihaknya sudah berulang kali memberikan peringatan secara dini baik melalui camat, desa-desa tentang bahaya tambang. Selain lokasinya di wilayah hutan, lokasi tambang juga merupakan daerah serapan air serta bahaya mercury yang dipergunakan.

Diakuinya, jumlah korban masih simpang siur. Karena menurut informasi bahwa jumlah korban mencapai puluhan orang. Hingga saat ini petugas baru menemukan satu orang tewas tertimbun longsor di lokasi tambang emas tersebut.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *