TSUNAMI EFEK GEMPA 8 SR DI SOLOMON TAK SAMPAI KE PAPUA

MedanBisnis-Jakarta. Kepulauan Solomon, negara di kawasan Samudera Pasifik diguncang gempa 8 skala richter (SR). Gempa itu pun diperkirakan berimbas pada terjadinya tsunami. Peringatan tsunami sudah disampaikan ke sejumlah negara di Pasifik Selatan. Bagaimana dengan kawasan Papua, Indonesia?
Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Rabu (6/2), tsunami menyentuh kawasan Papua Nugini. Tsunami itu diperkirakan akan tiba sekitar pukul 15.30 WIT.

“BNPB masih menunggu peringatan dini tsunami dari BMKG terkait gempa tersebut. BMKG adalah institusi yang berwenang mengeluarkan warning tsunami di Indonesia dan BNPB terus berkoordinasi dengan BMKG,” terang Sutopo.

Gempa di Solomon terjadi sekitar 08.12 WIB. Gempa terjadi di dekat Santa Cruz Islands, yang merupakan bagian dari Kepulauan Solomon. Gempa itu terjadi di kedalaman 5,8 kilometer. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii memperingatkan bahwa gempa besar itu bisa memicu “tsunami destruktif” di dekat pusat gempa.
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *