TERNYATA, JENGKOL EFEKTIF HALAU HAMA BURUNG

MedanBisnis – Medan. Jengkol tidak hanya nikmat untuk dimakan namun juga sangat efektif untuk menghalau burung yang kerap mengganggu petani padi khususnya di saat usia tanaman memasuki masa panen. Aroma jengkol sudah terbukti dapat mengusir burung yang akan memakan bulir padi.
Peneliti dari Balai Besar Pengamatan Organisme Pengganggu Tanaman, Yadi, mengatakan, burung merupakan salah satu hama pengganggu yang bisa membuat petani mengalami kerugian jika bulir padinya diserang. Biasanya, untuk menghalau burung, petani menggunakan orang-orangan di tengah sawah. Namun,  tidak begitu efektif karena harus ditunggui ataupun digerakkan.

Cara lain yang untuk menghalau burung, petani menggunakan tali-tali yang melintang di atas pertanaman padi yang terus digerak-gerakkan khususnya ketika burung berdatangan.

“Tapi sama saja, burung akan terus datang kalau tidak ditunggui,” tambahnya kepada MedanBisnis, Selasa (5/2).
Sementara itu, penggunaan jengkol untuk menghalau hama burung masih sangat jarang dilakukan. Hal tersebut dikarenakan belum banyak yang mengetahui bahwa jengkol memiliki manfaat dari sekedar dinikmati sebagai makanan.

Untuk memanfaatkan jengkol sebagai penghalau hama burung, sangat mudah. Caranya dengan merendam 2 kg jengkol, tanpa perlu dikupas, ke dalam 10 liter air selama 2 hari 2 malam. Air rendaman jengkol tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol air mineral. “Cukup separuh botol saja diisi,” katanya.

Setiap botol yang berisi cairan rendaman di bagian yang paling atas, diberi lubang agar aroma jengkol bisa menyebar. Untuk lahan seluas satu hektare, paling tidak diperlukan sebanyak  20 botol. “Aroma jengkol itu yang membuat burung tidak akan menyerang,” katanya.(dewantoro)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *