RUSLI ZAINAL DIKABARKAN JADI TERSANGKA

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan telah menetapkan status Gubernur Riau Rusli Zainal sebagai tersangka kasus dugaan suap, terkait revisi Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2010 tentang pembangunan arena menembak di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Tak hanya itu, Rusli juga diduga terlibat dalam kasus korupsi, terkait izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu dan hutan tanaman (IUPHHK-HT) di Kabupaten Pelalawan.

Saat ditanya apakah Rusli Zainal sudah ditetapkan sebagai tersangka, Ketua KPK Abraham Samad kepada Kompas, Selasa (5/2/2013), mengatakan, “Sudah dinaikkan ke penyidikan, tetapi belum dibuat surat perintah penyidikannya.”

Pada tahap penyidikan inilah KPK biasanya menetapkan seseorang sebagai tersangka.

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara KPK Johan Budi SP menyebutkan bahwa KPK telah melakukan gelar perkara dalam kasus suap terkait PON Riau dan dugaan korupsi IUPHHK-HT Kabupaten Pelalawan. Akan tetapi, menurut Johan, hasil gelar perkara ini belum disampaikan secara resmi.

Dalam gelar perkara, biasanya KPK akan menentukan apakah penyelidikan kasus korupsi bisa ditingkatkan menjadi penyidikan atau belum.

Dalam kasus revisi Perda No 6/2010, KPK telah menetapkan sejumlah tersangka, termasuk anggota DPRD Riau, mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, serta pegawai PT Pembangunan Perumahan yang merupakan salah satu kontraktor arena olahraga di PON. Total kasus ini telah menjerat 13 orang
sumber : kompas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *