PAW TIDAK DIBENARKAN BILA MASA JABATAN TINGGAL 6 BULAN

TRIBUN-MEDAN.com, Pematangsiantar РPelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU Pematangsiantar, Mangasi Purba menyatakan ketentuan Pergantian Antar Waktu (PAW) itu ada dan diatur dalam UU Susunan Kedudukan Anggota DPR/DPRD dan UU No 27 tahun 2009, Tentang petunjuk pelaksanaannya  PP No 16 tahun 2010.

Dinyatakan disitu, PAW tidak dibenarkan lagi bila masa jabatan anggota dewan tinggal 6 bulan. “Ini memang dilema sama anggota dewan yang partainya tidak lolos,”katanya kepada www.tribun-medan.com, Rabu (6/2/2013).

Ia menyatakan bulan 4 tahun ini merupakan proses penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS). Maka, aku Mangasi bila ada anggota DPRD yang tidak lolos partainya menurut ketentuan yang berlaku, mereka harus pindah ke partai yang lolos.

Nah yang menjadi kendala, katanya, ketika anggota dewan pindah partai supaya bisa dipilih di tahun 2014, maka partainya akan memberikan sanksi, sehingga anggota dewan tersebut harus di PAW. “Itu lah dilema yang dihadapi anggota dewan dari partai yang tak lolos,”katanya.

Ditanya mengenai apabila kader dari partai yang tidak bisa ikut pemilu 2014 yang sekarang duduk di kursi DPRD pindah ke partai lain, apa kader tersebut masih menjabat selaku anggota DPRD Pematangsiantar sembari menunggu masa jabatannya habis, Plt Ketua KPU Pematangsiantar ini menyatakan tidak bisa. Hal itu dikarenakan kader tersebut menjadi wakil rakyat saat berada di partai yang lama. “Jadi kalau dia pindah ke partai lain, terpaksa dia harus keluar atau tidak menjadi wakil rakyat lagi,”ujar Mangasi.
sumber: medan.tribunnews

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *