DITPOLAIRDASU RINGKUS DUA PEROMPAK BERPISTOL DI MEDAN LABUHAN

Setelah Sekap Nakhoda

Belawan, (Analisa). Petugas Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Sumut menangkap dua tersangka dari enam kawanan perompak berpistol dalam penyergapan di kawasan Kecamatan Medan Labuhan.
Dari tersangka YS alias Yahya (32) dan IS alias IM (32), warga Dusun II Desa Sei Nangka Kecamatan Sei Kepayang Asahan, disita satu unit ‘senpi’ jenis air softgun, yang digunakan untuk mengancam para nelayan yang menjadi sasaran serta satu unit GPS dan radio komunikasi yang dirampas dari Kapal Motor (KM) Wulandari.

Berdasarkan hasil pengembangan, tersangka dibekuk secara terpisah dari tempat persembunyiannya di kawasan Pasar VII Kelurahan Tangkahan Medan Labuhan, Jumat (1/2) kemarin.

Direktur Polair Polda Sumut Kombes (Pol) Ario Gatut Kristianto melalui Kasubsi Gakkum AKBP Baharuddin Deski dan Kasi Tindak Kompol J. Tamba Selasa (5/2)mengatakan, kompotan lanun itu berjumlah 6 orang dan dipimpin Ucok Ceper (kini buron).

Para pelaku berstatus DPO sejak aksi mereka pada Nopember 2012 lalu. Dalam pemeriksaan, tersangka YS mengaku telah tiga kali melakukan aksi serupa terhadap kapal nelayan.

Awalnya menggunakan sampan kecil dengan menyaru sebagai nelayan, mereka merapat ke kapal nelayan sasaran dengan meminta sedikit ikan. Setelah berhasil naik ke kapal nelayan mereka pun langsung beraksi mengancam para korban menggunaan senjata api mainan tersebut.

“Pistol mainan itu dari Ucok yang kini buron dan dari dia juga kami mendapatkan upah sekali merompak Rp500 ribu,”papar kedua tersangka yang juga berprofesi sebagai nelayan tersebut.

Sedangkan terhadap KM Wulandari, para pelaku sempat menyandera nakhoda (tekong) dan meminta sejumlah tebusan kepada pengusaha kapal ikan. Namun nakhoda berhasil menyelamatkan diri, sewaktu para perompak lengah.

“Tersangka berhasil ditangkap atas laporan nahkoda dan kita akan terus buru emapt tersangka lagi yang identitasnya sudah diketahui,”papar Kasi Tindak Tamba. (maa)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *