BUPATI SAMOSIR: GAUNG FESTIVAL DANAU TOBA 2013 DIHARAPKAN BISA MENGINTERNASIONAL

Samosir, 5/2 (antarasumut)- Bupati Samosir, Mangindar Simbolon mengatakan Festival Danau Toba merupakan even lokal yang berkembang menjadi kegiatan nasional.

“Kalau selama ini namanya Pesta Danau Toba, tapi sekarang diubah menjadi festival yang dimaksudkan untuk merubah paradigma sehingga gaungnya bisa ke internasional” katanya saat menerima kunjungan silaturahmi Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumut, Simon Pramono di Pangururan, Selasa.

Dengan kata lain jelas dia, perubahan pesta Danau Toba menjadi Festival adalah ingin merubah kesan yang selama ini melayani menjadi fasilitator. Jadi tidak semua even dalam festival melulu dilakukan oleh panitia, tapi menggerakan peserta dan masyarakat untuk terlibat di dalamnya.

Berbagai even telah disiapkan oleh panitia lokal ,ada yang berupa kegiatan budaya dan juga perlombaan yang direncanakan diikuti peserta dari luar negeri.

Panitia juga jelasnya, dalam kegiatan ini diharapkan mampu memberdayakan masyarakat lokal dalam hal kuliner.

“Setiap kegiatan ada lokasi kuliner, untuk menghidupkan usaha lokal, ” katanya.

Selain itu, untuk kelancaran kegiatan, transportasi juga telah dirancang mengingat fasilitas jalan yang terbatas. jadi nantinya pengunjung tidak perlu bawa mobil pribadi, tapi disediakan angkutan umum dengan sistem kupon

Kendaraan angkutan disiapkan untuk melayani penumpang setiap saat. Panitia akan memfasilitasi agar pengunjung tidak ketinggalan  menikmati atau mengikuti berbagai kegiatan di Festival Danau Toba.

Festival Danau Toba sendiri diharapkan akan menjadi momentum kembalinya roh pariwisata Danau Toba, katanya.

Dijelaskan juga panitia akan melakukan roadshow di Jakarta maupun fi sejumlah negara untuk mensukseskan Festival Danau Toba. “Hal ini karena kami sangat meyakini Danau Toba dan Festival Danau Toba layak untuk dijual sebagai aset wisata,” katanya.(Ant)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *