BAWA 2,6 TON GANJA, SOPIR TRUK DIVONIS PENJARA SEUMUR HIDUP

Jakarta – – Pengadilan Negeri (PN) Kalianda, Lampung kembali memberikan hukuman berat bagi sopir truk yang membawa ganja dalam jumlah besar. Sopir truk Bustami (49) harus meringkuk dalam penjara hingga meninggal dunia karena membawa 2,6 ton ganja. Ada pun kernetnya, Munardi (35) divonis 20 tahun penjara.

“Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa I, Bustami alias Ucok bin Ismail dengan penjara seumur hidup. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa II, Munardi bin Abdullah dengan penjara selama 20 tahun,” demikian ucap majelis hakim PN Kalianda, Selasa (5/2/2013).

Duduk sebagai ketua majelis hakim Afit Rufiadi dengan hakim anggota AA Oka PBG dan Aryo Widiatmoko. Adapun panitera pengganti Jamaludin dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sunarto. Atas putusan ini, Bustami pikir-pikir sedangkan Munardi menerima. Ada pun JPU pikir-pikir.

Oleh pemilik barang, Bustami dijanjikan Rp 15 juta sedangkan Munardi Rp 3 juta apabila ganja sampai ke tujuan.

“Alasan menjatuhkan hukuman tersebut yaitu keduanya belum pernah dihukum, baru pertama kali dan belum menikmati hasil atas perbuatannya,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Bustami yang tinggal di Desa Cot Seurani, Kecamatan Muara batu, Kabupaten Bireun dan Munardi yang juga warga Desa Mata Mauplam, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireun, menemui Sahrul (DPO) untuk dicarikan pekerjaan membawa kendaraan.

Selang satu minggu dari pertemuan tersebut, Bustami dihubungi Sahrul dan menawarkan membawa ganja seberat 2,6 ton yang akan ditutupi alpukat. Kendaraan truk diesel warna kuning nomor polisi BG 4548 DB tertangkap polisi saat hendak menyeberang ke Jawa di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni pada 20 Agustus 2012 sekitar pukul 01.00 WIB.

Alhasil, Bustami dan Munardi pun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut.

PN Kalianda bukan pertama kali menyidangkan sopir truk pembawa ganja dalam jumlah ratusan kg. Pada 19 September 2012, PN Kalianda menjatuhkan vonis mati kepada sopir truk pembawa ganja 3,5 ton ganja, Enrizal.

Dua bulan setelah itu, PN Kalianda juga menjatuhkan vonis bagi sopir truk pembawa 1,8 ton ganja Musliadi. Namun dengan hukuman lebih ringan yaitu penjara seumur hidup.
sumber : detikcom

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *