65 RIBU HEKTAR TANAMAN KEDELAI DITANGGUNG APBN

BANDA ACEH – Kepala Seksi Tanaman Padi dan Palawija, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Aceh, Habiburrahman mengatakan tahun 2013 Kementrian Pertanian memberikan bantuan untuk penenaman 65 ribu hektar tanaman kedelai di Aceh.

“Ada 65 ribu hektar luas areal tanam kedelai yang biayanya sepenuhnya ditanggung oleh APBN 2013,” katanya kepada Waspada Online, hari ini.

Ia melanjutkan, guna mencapai target tersebut, saat ini pihaknya telah memperluas areal tanam kedelai. “Luas areal tanam yang kita siapkan untuk mencapai produksi tersebut adalah 65 ribu hektar,” jelasnya.

Dikatakannya, sebagai daerah yang telah ditetapkan sebagai penghasil kedelai 2013, Aceh ditargetkan dapat memproduksi kedelai sebanyak 95 ribu ton tahun ini. “target pemerintah pusat, Aceh hasilkan 95 ribu ton,” katanya.

Ia menerangkan, Aceh merupakan 6 dari provinsi di Indonesia yang ditergetkan pemerintah pusat menjadi sentra kedelai nasional. “Dan prospek tanaman kedelai di Aceh itu sangat potensial, rata-rata produksi kedelai di Aceh melebihi produksi nasional,” sebutnya.

Ditambahkannya, jika produksi kedelai nasional rata-rata hanya 1,4 ton perhektar, namun di Aceh prduksinya bisa mencapai 1,8 ton perhektar. “Tanah di Aceh sangat bagus untuk tanaman kedelai,” tukasnya.

Habibiburahhman menegaskan, saat ini juga Pemerintah Pusat telah menetapkan Bulog untuk menampung produksi kedelai petani, sehingga tidak perlu ada keraguan lagi bahwa produksi kedelai petani tidak laku. “HPP kedelai sudah ditetapkan, yakni Rp7.000 perkilogramnya, yang akan dibeli oleh Bulog,” tandasnya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *