KPK TERUS DALAMI KETERLIBATAN PIHAK KEMTAN

Kasus Impor Daging Sapi

[JAKARTA] Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku masih terus mendalami keterlibatan pihak Kementerian Pertanian (Kemtan) dalam kasus dugaan suap impor daging sapi 2013 yang telah menjerat eks Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq.

“Kita masih dalami terus dan pada akhirnya nanti kita akan mengambil satu kesimpulan,” kata Ketua KPK, Abraham Samad melalui pesan singkat, Sabtu (2/2).

Menurut Abraham, jajarannya belum dapat memastikan keterlibatan pihak Kemtan. Tetapi, akan terus didalami.

Seperti diketahui, diduga ada keterlibatan Luthfi dalam menambah kuota impor daging sapi PT Indoguna Utama. Dan itu pasti melibatkan Kemtan selaku pemberi izin. Walaupun, sebelumnya harus juga melewati Kementerian Perindustrian.

Atas campur tangan Luthfi, PT Indoguna Utama mendapatkan 8.000 ton kuota impor daging sapi untuk tahun 2013. Tetapi, untuk itu Indoguna harus memberikan fee Rp 5.000 per kilogram daging sapi.

Luthfi sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka penerima suap bersama dengan orang dekatnya, Ahmad Fathanah. Keduanya, diduga menerima pemberian uang dari pengurus PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi. Perusahaan yang bergerak di bidang impor daging.

Sehingga, keduanya dijerat dengan Pasal Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 5 ayat 1 atau Pasal 11 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Peristiwa berawal dari penangkapan terhadap empat orang di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (29/1) malam. Mereka yang ditangkap adalah Ahmad, Arya Effendi, Juard Effendi, dan seorang wanita bernama Maharani. Dengan barang bukti berupa uang sebesar Rp 1 miliar.

Setelah memeriksa keempat orang itu seharian, KPK menemukan dua alat bukti yang cukup untuk melihat keterlibatan Luthfi. Sementara Maharani, tidak ditetapkan sebagai tersangka namun masih diperiksa hingga saat ini.

Menurut informasi, Luthfi dijanjikan mendapat Rp 40 miliar terkait kuota impor daging sapi. Sedangkan, uang Rp 1 miliar yang ditemukan saat penggeledahan di mobil Ahmad adalah uang muka untuk Luthfi. [N-8]
sumber: suarapembaruan

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *