ANGGARAN KESEHATAN SUMUT NAIK LEBIH 100%

BATUBARA – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga Sumut, Pemerintah Provinsi menaikkan lebih dua kali lipat alokasi anggaran kesehatan.Jika pada tahun 2012 dialokasikan sebesar Rp30 miliar, maka tahun ini alokasi untuk kesehatan naik lebih 100 persen menjadi Rp66 miliar. Hal itu diungkapkan Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho, di Batubara, hari ini.

Anggaran tersebut diantaranya digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan rujukan di rumah-rumah sakit yang telah ditunjuk.

Pemprovsu menurutnya terus berikhtiar untuk menjaga kesehatan masyarakat melalui program jaminan kesehatan pengobatan gratis di puskesmas-puskesmas dan rumah sakit kelas III .  Begitu juga dengan masyarakat yang dapat dirawatinap di rumah sakit  jumlahnya terus meningkat setiap tahun. “Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Sumatera  Utara hingga tahun 2012 telah berhasil dinikmati lebih dari  empat juta jiwa penduduk Sumatera Utara,” ujar Gatot.

Begitupun, meski anggaran kesehatan meningkat, Gatot menghimbau masyarakat mencegah sakit dengan bergaya hidup sehat. Salah satu yang penting menurut Gatot adalah asupan gizi yang baik bagi tubuh dengan porsi yang berimbang.

Oleh karenanya dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho menghimbau masyarakat memperhatikan asupan gizi agar kesehatan terjaga. “Ayo kita cegah sakit dengan konsumsi makanan bergizi  baik dan berimbang,” ajak Gatot,

Terutama bagi anak, konsumsi gizi balita harus menjadi fokus perhatian orang tua. “Posyandu, Pos Pelayanan Terpadu, diharapkan menjadi yang terdepan memberikan kesadaran kepada para orang tua akan pentingnya gizi untuk balita,” ujarnya. Oleh karena itu ia meminta semua pihak, baik dinas terkait dan orang tua, selalu menggiatkan POsyandu demi tumbuh kembang yang baik bagi anak dan balita.

Selain asupan gizi seimbang, Gatot mengingatkan agar masyarakat Sumut mempunyai gaya hidup berolahraga. Gatot mencontohkan olahraga jalan pagi secara rutin bisa menjadi alternatif olahraha murah meriah.

Pada kegiatan memperingati Hari Gizi Nasional ke-53, Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dan Kabupaten Batubara mengadakan serangkaian acara bagi masyarakat di Kabupaten Batubara. Kegiatannya antara lain pelayanan kesehatan masyarakat untuk sekitar 500 orang, operasi mata katarak bagi 55 orang, operasi bibir sumbing 20 orang, pemeriksaan USG bagi 100 ibu hamil, pengobatan bagi Lansia untuk 50 orang, Posyandu balita dan pengenalan menu makanan non beras.

Diakhir kegiatannya, Gatot berkesempatan menyaksikan proses operasi bibir sumbing bagi anak-anak.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *