PENCURI BABAK BELUR DIHAKIMI WARGA

Binjai, (Analisa). DA (19), warga Kelurahan Sumber Mulio Redjo Kecamatan Binjai Timur dihakimi massa, setelah ketahuan mencuri di salah satu rumah kosong Jalan Samanhudi Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan, Jumat (1/2) siang.
Beruntung nyawa pelaku berhasil diselamatkan, setelah beberapa petugas kepolisian dari Polsek Binjai Selatan dengan cepat datang untuk mengamankan pelaku dari aksi anarkis warga di lokasi kejadian.

Kapolsek Binjai Selatan Kompol Kamaluddin Tarigan saat dikonfirmasi wartawan melalui Kanit Reskrim AKP Muliono menjelaskan, aksi pencurian diketahui warga pukul 13.30 WIB atau selepas pelaksanaan ibadah salat Jumat.

Saat itu pelaku yang berpura-pura mencari barang bekas dipergoki salah seorang warga tengah berada di dalam salah satu rumah yang sedang ditinggal pemiliknya sambil membawa sejumlah barang yang disimpan di dalam bungkusan karung.

Merasa janggal dengan kehadiran orang tidak dikenal di lingkungan tempat tinggalnya, beberapa warga mengejar pelaku. Namun, naas bagi pelaku, karena belum sempat melarikan diri ia justru berhasil ditangkap dan dipukuli warga.

Mendengar informasi ada aksi amuk massa, sejumlah petugas Polsek Binjai Selatan datang ke lokasi kejadian. Guna mengantisipasi aksi anarkis warga, pelaku diamankan dan dibawa menuju Mapolsek Binjai Selatan untuk menjalani proses pemeriksaan.

Petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti seperti mesin ketam kayu, gulungan kabel, mesin parutan kelapa, arit, koretan dan celengan pelastik berisi uang tunai Rp 4,5 juta.

Dihadapan petugas, pelaku mengaku baru sekali melakukan aksi pencurian. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan sementara dan keterangan sejumlah warga, diduga pelaku sudah sering beraksi.

Hal ini, mengingat sering terjadi aksi pencurian di kawasan itu. Apalagi pada Senin (18/1), pelaku diketahui melarikan diri dari tangkapan petugas untuk kasus yang sama.

Pencuri Besi Rel

Peristiwa lainnya, Polsek Binjai Utara, Kamis (31/1) sore, mengamankan tiga pelaku pencuri besi rel kereta api di Kelurahan Damai Kecamatan Binjai Utara

Ketiga tersangka, UJ (35) warga Kelurahan Damai Kecamatan Binjai Utara, HI (40) dan DI (30) keduanya warga Belawan Kota Medan.

Kapolsek Binjai Utara Kompol Widya saat dikonfirmasi wartawan melalui Kanit Reskrim AKP Lintas Pasaribu, Jumat (1/2) siang, mengatakan, penangkapan tersangka bermula pengembangan informasi warga yang melaporkan ada aktifitas pemotongan besi rel kereta api oleh sejumlah orang.

Setelah melakukan cek lapangan dan menemukan kebenaran dari laporan warga, petugas melakukan penangkapan terhadap ketiga pelaku, yang saat itu bekerja memotong rangkaian besi rel kereta api.

Hasil penangkapan itu, petugas berhasil menyita tiga batang besi rel berikut lima skrup sebagai barang bukti. Selain itu, diamankan beberapa perkakas yang diduga digunakan para pelaku untuk memotong besi rel, antara lain gergaji besi serta 6 pisau pemotong, kunci inggris, kunci pas. besi silinder, obeng dan kayu balok.

Dihadapan petugas, ketiga pelaku mengaku baru pertama kali melakukan aksi pencurian besi rel. Mereka juga mengatakan melakukan aksi pencurian karena menganggap rel kereta api itu sudah tidak difungsikan lagi. (wa)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *