PRODUKSI EMAS MARTABE CAPAI 34.625 OZ

MedanBisnis – Medan. Produksi emas di Tambang Martabe di Desa Aek Pining Kecamatan Batang Toru, Tapanuli Selatan (Tapsel) dalam tiga bulan terakhir tahun 2012, melebihi target yang telah ditetapkan, yakni lebih dari 10%.
Communication Manager G-Resources Katarina Siburian menyebutkan, hingga akhir kuartal 2012 hasil produksi emas mencapai 34.624 oz. Sedangkan produksi perak sendiri mencapai 134.877 oz. “Tercatat kelebihan target produksi hingga akhir kuartal 2012, yakni emas mencapai 34.624 oz dan perak sendiri mencapai 134.877 oz,” kata Katarina Siburian kepada MedanBisnis, Kamis (31/1).

Produksi berkapasitas penuh, katanya, diharapkan dapat dicapai di kuartal kedua tahun 2013. Diperkirakan hingga akhir tahun 2013 total produksi emas akan mencapai 250.000 oz dan perak 2.200.000 oz. Estimasi biaya produksi diperkirakan mencapai US$ 450 per oz emas.

Sementara itu, katanya, seluruh aktivitas konstruksi pertambangan, pengolahan bijih, dan infrastruktur terkait lainnya telah dituntaskan. Peningkatan aktivitas penambangan menuju produksi penuh berlangsung secara memuaskan dan sesuai jadwal.

Selain itu, G-Resources memperoleh dukungan penuh dari masyarakat sekitar. Tantangan sebelumnya terkait pemasangan pipa sudah berhasil diselesaikan dengan baik, dengan membuktikan kualitas air sisa proses yang berada di bawah standar baku mutu yang disyaratkan, hingga aman bagi lingkungan.

Mengomentari laporan perkembangan kuartal ini, Presiden Direktur G-Resources Peter Albert menyatakan gembira bisa mencapai hasil melebihi target. “Ini merupakan kerja tim yang amat membanggakan. Peningkatan kinerja menuju produksi penuh berlangsung baik dan kami berencana mencapai target rata-rata beberapa minggu dari sekarang,” katanya.

Peter menambahkan, Martabe merupakan tambang emas besar terbaru di Indonesia dan Asia.

Martabe memiliki semua karakteristik untuk disebut sebagai tambang berskala dunia. “Martabe berbiaya produksi rendah, dengan umur tambang yang panjang dan dilengkapi dengan banyaknya titik lokasi eksplorasi di domain yang ramah tambang,” sebutnya.
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *