PEMKO KERJA SAMA PEKALONGAN CIPTAKAN BATIK MEDAN

MedanBisnis – Medan. Untuk menghadirkan produk batik khas Kota Medan yang memiliki beragam suku, Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menjalin hubungan kerja sama dengan Kota Pekalongan Jawa Tengah. Kota tersebut memiliki banyak produk batik dari berbagai Usaha Kecil Menengah (UKM).
Kabag Hubungan Kerja Sama Pemko Medan, Rivai Nasution, mengatakan, tahun lalu pihaknya sudah menjajaki kerja sama disejumlah daerah di Indonesia seperti Kota Tangerang Selatan, Kota Batam dan Pekalongan Jawa Tengah. Untuk itu pada tahun ini akan ditindaklanjuti sehingga ada MoU di antara kota-kota tersebut.

“Kerja sama ini untuk berbagai bidang seperti UKM, pendidikan, kesehatan dan bidang lain yang dapat disesuaikan di antara dua kota,” ujarnya kepada MedanBisnis, Kamis (31/1) di Medan.

Dikatakannya, Kota Pekalongan terkenal dengan produk batiknya. “Jadi kita bisa belajar membuat batik khas Kota Medan dengan melihat kondisi Kota Medan yang memiliki suku Batak dan Melayu. Ini dapat digabungkan di dalam bentuk kreativitas batik yang memiliki nilai tinggi,” katanya.

Untuk Kota Batam juga menjadi prioritas karena nantinya kota itu sangat membutuhkan pasokan ikan basah dan sayur mayur dari Kota Medan. Dan sebaliknya, Kota Batam nantinya bisa memperkenalkan Kota Medan dengan tamu-tamu turisnya seperti dari Singapura.

Sementara kerja sama pada Kota Tangerang Selatan, Kota Medan dapat belajar terhadap keberhasilan kota tersebut dalam menarik investor membangun jalan, perumahaan dan fly over.

“Setiap tahun kita evaluasi kerja sama ini. Terpenting saling menguntungkan,” kata Rivai.

Terjalinnya kerja sama ini diproyeksikan terlaksana pada pertengahan tahun 2013. Kerja sama tidak hanya antar daerah di dalam negeri, namun juga terus meningkatkan kerja sama pada sejumlah negara. “Tidak hanya untuk meningkatkan investasi, tapi juga dapat memperkenalkan Kota Medan ke dunia internasional,” aku Rivai.

Untuk kerjasama yang sudah terjalin selama ini yakni dengan China, Korea, Jepang, Malaysia, Singapura dan Bulgaria. Jalinan kerja sama ini menyangkut sejumlah masalah, seperti dengan negara Bulgaria tentang pembangunan dan pelayanan pelabuhan, Negara China tentang kesehatan dan Jepang tentang pendidikan dan lainnya.(yuni naibaho)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *