HARGA SAWIT PETANI CAPAI RP 900 PER KG

MedanBisnis – Bengkulu. Perkembangan harga buah kelapa sawit pada tingkat petani pekan ini menjadi Rp900 per kg dari sebelumnya rata-rata Rp800 per kg.
Sedangkan pasokan dari petani saat ini cendrung berkurang akibat faktor pengaruh cuaca dan banyak kebun sawit petani tidak terpelihara saat harga anjlok, kata Manager pabrik PT Palma Mas Sejahtera (PMS) Bengkulu Aswin di hubungi, Selasa (29/1).

Ia mengatakan, pasokan berkurang itu sangat berampak pada kebutuhan bahan baku pabrik sehingga setiap minggu tidak tercapai target, untung saja pihaknya ada kerja sama olah dengan perusahaan perkebunan PT Bio Nusantara.

Biasanya setiap minggu membutuhkan paling tidak membutuhkan 1.400 ton buah kelapa sawit, dua pekan terakhir haya terealisasi separuhnya bahkan dibawah itu.

Sedangkan harga beli sawit masyarakat saat ini untuk grade A sebesar Rp1.200 dan grade B 1025 per kilogram dan harga minyak mentah kelapa sawit (CPO) lokal Rp1.600 per kilogram, harga itu bisa ditingkatkan sesuai grade buah sawit tersebut.

“Mudah-mudahan saja pekan berikutnya pasokan dari petani kembali normal, sehingga operasi pabrik mulai maksimal karena permintaan minyak mentah kelapa sawit dari luar Bengkulu ada peningkatan,” kata Aswin.

Seoarang petani sawit di kawasan Teluk Sepang Kota Bengkulu H Nuhani mengatakan, harga buah sawit dibeli pedagang pengumpul saat ini mulai naik menjadi Rp900 dari sebelumnya rata-rata Rp820 per kilogram.

Meskipun terjadi harga naik kata dia, petani belum bisa membeli pupuk sesuai kebutuhan karena harga pupuk cukup tinggi dan stok untuk harga subsidi terbatas sekali. “Kami dua kali panen baru bisa membeli pupuk separuh dari kebutuhan mencapai 15 ton setiap tiga bulan, selama ini sejak harga sawit menyetuh angka Rp550 per kilogram sangat menyulitkan petani,” ujarnya. (ant)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *