MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH TERIMA BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN

Stabat, (Analisa). Pemkab Langkat kembali serahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 379 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Rabu (23/1).
Bantuan itu diharapkan dapat membantu masyarakat membangun rumah yang lebih layak huni.

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH usai menyerahkan bantuan yang berasal dari dana Sharing APBN dan APBD Langkat itu menyatakan, bantuan BSPS merupakan salah satu komitmen Pemkab Langkat untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri.

“Melalui APBD Pemkab Langkat akan tetap berkomitmen membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah yang layak huni,”tegas bupati.

Ketersediaan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu atau (MBR) di Kabupaten Langkat, menurut Ngogesa akan tetap diupayakan untuk terus digulirkan melalui berbagai program yang dimungkinkan kerjasama dengan pemerintah pusat maupun dukungan para pengusaha dan pimpinan BUMN.

Mewujudkan komitmen itu, Ngogesa meminta pihak swasta maupun perusahaan BUMN agar dapat menyisihkan sebahagian dana keuntungan berupa CSR untuk dapat membantu meningkatkan percepatan ketersediaan rumah layak huni.

Dikatakannya, peran semua pihak termasuk kejujuran masyarakat yang mendapatkan bantuan agar mempergunakan dana sesuai dengan peruntukannya, sangat menentukan keberhasilan program itu.

Kabag Perekonomian Langkat Drs Syahrizal M.Si mengatakan, untuk tahun 2011 sebanyak 700 rumah, 2012 dari usulan 1.130 lulus 1.128 MBR yang telah dan akan menerima dana sebesar Rp. 6.000.000,- per MBR. Bagi 1.000 MBR diberikan dana sharing dan sisanya diupayakan pada tahun 2013 sesuai kemampuan anggaran.

Syahrizal menyampaikan terima kasih atas peran serta dan dukungan moril maupun materil kepada TPM dan UPK yang lebih mengedepankan jiwa sosial dalam mensukseskan program ini, karena minimnya honorarium yang mereka terima.

Salah seorang penerima bantuan Ngatimin mengucapkan terimakasihnya pada bupati atas program bantuan stimulan perumahan.

Menurut Ngatimin, program ini dapat membantu masyarakat miskin berpenghasilan rendah memiliki rumah yang layak huni..

“Kami berharap program ini tetap diteruskan, agar saudara-saudara kami yang belum dapat bagian kelak dapat merasakannya juga,” katanya.

Bantuan stimulan yang diserahkan untuk Kecamatan Bahorok 52 orang, Kecamatan Salapian 45 orang, Kecamatan Selesai 1 orang, Kecamatan Binjai 7 orang, Kecamatan Stabat 40 orang, Kecamatan Secanggang 23 orang, Kecamatan Wampu 20 orang, Kecamatan Padang Tualang 19 orang, Kecamatan Gebang 1 orang; Kecamatan Sei Lepan 14 orang dan Kecamatan Besitang 60 orang.(als)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *