LIMA MAKANAN PELECUT MEMORI

Bertambah umur, memori tentang detail masa lalu dan, bahkan saat ini dapat menyusut.

NEW YORK – Semakin tambah usia kemampuan untuk fokus dan mengingat detail masa lalu (atau bahkan sesuatu yang baru terjadi) benar-benar bisa menjadi tantangan. Tetapi, tak perlu khawatir. Ternyata ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda meningkatkan memori.

Berikut lima makanan penambah memori yang disarankan oleh ahli diet Tanya Zuckerbrot MS, RD yang berlokasi di New York, Amerika Serikat, seperti dikutip dari FoxNews.com, Jumat (18/1).

Blackberry
Blackberry memberikan ledakan kenikmatan yang kuat, bahkan lebih baik lagi, mengandung polifenol, antioksidan yang dapat membantu membalikkan kondisi kehilangan memori karena usia. Polifenol mengurangi peradangan dengan cara yang bisa membuat otak Anda bekerja tak ubahnya ketika Anda masih muda. Blackberry, menurut Tanya, juga mengandung vitamin, mineral serta serat yang membuat perut Anda terasa penuh.

Bayam
Makan tiga porsi makanan favorit Popeye setiap hari membantu Anda tetap tajam dan encer. Sayuran hijau gelap seperti bayam mengandung banyak vitamin dan mineral seperti folat yang dapat  meningkatkan memori serta vitamin E dan K yang dapat memperlambat keterlambatan kognitif. Jadi, makanlah sayuran hijau seperti kubis Brussel dan brokoli untuk mendapatkan manfaat yang sama.

Cokelat
Sepertinya studi tentang cokelat terus menunjukkan berita baik sehingga menyantap rutin cokelat untuk memori Anda juga bukan dosa! Cokelat mengandung antioksidan kuat yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang membantu menjaga otak Anda bekerja lebih optimal. Plus, cokelat mengandung kafein yang akan membantu memberikan otak Anda dorongan untuk berpikir tajam. Perlu diingat, hanya perlu sekitar sepertiga dari satu ons cokelat untuk mendapatken efek untuk mendukung memori Anda.

Apel
Satu buah apel satu hari membuat jaringan otak bebas dari gumpalan. Antioksidan quercetin melindungi otak dari peradangan, yang dari waktu ke waktu dapat menyebabkan penurunan kognitif. Makanlah apel dengan kulitnya, kata Tanya, karena sebagian besar quercetin menempel di sana. Cobalah mengunyah satu buah apel sebagai camilan sore agar Anda lebih fokus dan berpikiran tajam. Selain itu, “serat dalam apel juga membuat Anda berenergi dan kenyang, kata penulis buku Miracle Carb Diet: Make Calories and Fat Disappear ini.

Telur
Kuning telur mengandung kolin, perintis untuk neurotransmitter asetilkolin. Neurotransmiter ini telah terbukti membantu memori dan bahkan dapat membantu mengurangi risiko Alzheimer. Kolin telah dikaitkan dengan peningkatan ketajaman mental, memori, dan nilai tes yang lebih tinggi pada ujian, ujar Tanya.
sumber : shnews

This entry was posted in Berita, Informasi Kesehatan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *