DEMI KUOTA, SLTP ABDI KARYA TALAPETA CARI SISWA PINDAHAN?

IMANUEL SITEPU. SENEMBAH TANJUNG MUDA (STM) HILIR. Diduga untuk memenuhi kuota jumlah siswa, Ketua Yayasan SLTP Abdi Karya Talapeta (Kecamatan STM Hilir, Deliserdang) sibuk mencari siswa pindahan dari sekolah lain. Yayasan ini adalah penerima bantuan dana APBN, Block Grant senilai Rp. 270 Juta.

Malah, untuk memikat orangtua siswa, pihak yayasan menjanjikan uang sekolah gratis selama 6 bulan. Hal ini diduga terpaksa dilakukan pihak yayasan karena jumlah siswa SLTP Abdi Karya terlalu sedikit. Salah seorang warga Desa Laurakit Dusun Pintumbesi (Kecamatan STM Hilir) juga mengaku dirinya dibujuk agar putrinya yang saat ini sekolah di SLTP Swasta di Desa Pria-ria agar dipindahkan ke SLTP Abdi Karya Talapeta dengan iming-iming gratis uang sekolah selama 6 bulan ke depan. Tapi, dia menolak memindahkan anaknya,dengan dalih orangtua di Desa Talapeta sendiri banyak yang menyekolahkan anaknya ke SLTP lain, misalnya SLTP Tigajuhar dan SLTP Talunkenas. Hal ini disebabkan buruknya sistem pendidikan di SLTP Abdi Karya sehiga pada penerimaan siswa baru Tahun Ajaran 2012 lalu hanya mampu mendapat 14 siswa dan sebagian besar melanjut ke SLTP lainnya.

Anehnya, bantuan senilai Rp. 270 Juta yang merupakan dana perbaikan sesuai yang tertulis di plank proyek digunakan untuk membangun 3 ruang kelas baru dan 1 sumur bor. Besar dugaan, bangunan yang telah menyalahi peruntukan itu tidak sesuai lagi dengan bestek. Namun begitu, Ketua Komite sendiri, Panus Pandia, saat ditanyakan mengaku tidak pernah melihat RAP bangunan itu.

“Semua hanya dikerjakan oleh kepala sekolah Eli Akim Barus selaku penanggungjawab pekerjaan. Padahal, yayasan adalah aset desa, bukan milik pribadi. Saya menilai, ada permainan di balik itu semua. Dalam waktu dekat, kita akan mendesak agar diadakan rapat pengurus yayasan dan masyarakat,” ujar Pandia kepada sejumlah wartawan [Kamis 17/1] di Talapeta.
sumber : sorasirulo

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *