SEMANGAT TAK PERNAH PADAM

Wapemred “Analisa” Ali Soekardi 80 Tahun

TEPAT pukul 12 siang kemarin, Kamis (17/1) di ruang lantai 4 kantor “Analisa” suasana tidak seperti biasa. Ya, ada acara khusus. Syukuran sekaligus peluncuran buku “80 Tahun Ali Soekardi, Semangat yang Tak Pernah Padam”.
Akrab, saling berbincang. Dan, acara itu dihadiri langsung unsur pimpinan “Analisa” yakni Pemimpin Umum Supandi Kusuma, Pemred H. Soffyan, Managing Editor Paulus M. Tjukrono, Pemimpin Perusahaan Sujito Sukirman dan Sekretaris Redaksi War Djamil serta para redaktur/asisten, wartawan dan karyawan.

Kualitas

“Acara semacam ini positif. Buku yang dibagikan kiranya dapat memotivasi para wartawan muda untuk lebih tekun dalam profesi ini,” ucap Soffyan.

Apa komentar Ali Soekardi saat dimintai sambutannya? Kalimat awal menyatakan, tak menyangka ada acara khusus bagi dirinya dalam usia 80 tahun, setengahnya yakni 40 tahun bersama “Analisa”.

“Saya terharu dan terima kasih kepada pak Supandi Kusuma yang dengan kepemimpinannya, saya yakin koran ini akan terus maju. Hal penting, segenap jajaran selalu menjaga kekompakan dan kualitas sajian “Analisa” hendaknya menjadi perhatian utama”, ucap Ali Soekardi.

Suasana makin heboh tatkala secara spontan wartawan mengeluarkan kue tart ulangtahun dengan lilin angka 80. “Tiup lilinnya, tiup lilinnya”. Dan pak Ali yang didampingi unsur pimpinan lainnya meniup lilin itu, lalu secara simbolis menyerahkan potongan kue kepada pak Supandi Kusuma diiringi tepukan meriah. Diiringi nyanyian Selamat Ulangtahun.

Belum usai. Spontan pula keluar kado khusus berbungkus kertas batik. Mewakili wartawan diserahkan oleh Redaktur Kota Medan Hermansjah. “Buka kadonya, buka kadonya” ucap wartawan dan pak Ali dengan perlahan merobek kertas itu, ternyata kartun pak Ali naik sepeda membonceng mesin tik. Tepukan riuh.  Begitulah suasana gembira tatkala itu.

Buku

Di antara rangkaian acara kemarin, penyerahan buku secara simbolis kepada Pemimpin Umum, Pemred, Managing Editor, Pemimpin Perusahaan dan dua wartawan termuda yakni Nirwansyah Sukartara serta Syafitri Tambunan sebagai simbol regenerasi keredaksian.

Buku dengan editor Rizal R. Surya setebal 158 halaman itu terdiri 6 bagian yaitu profil Ali Soekardi, 8 tulisan dari rekan sekerja, kemudian 3 tulisan dari pengamat media, berikutnya komentar keluarga, dilanjutkan dengan epilog “Semangat yang tak pernah padam”, serta bagian terakhir Ali Soekardi dalam foto.

Apa yang dipetik dari buku itu? Antara lain, mengetahui arti penting etos kerja seperti yang dilakukan Ali Soekardi. “Ternyata ia memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin dan bertanggung jawab penuh bila sesuatu dibebankan padanya”, ungkap H. Soffyan di halaman 62.

Lain lagi pengamatan Guntur A. Sukma, reporter Aceh yang hijrah ke Medan dan kini sebagai Redaktur Derah Aceh, dengan menyebut: “Sikap menonjol lainnya dari pak Ali, kebersahajaannya, walaupun secara umum kepribadian ini melekat di kalangan pimpinan Analisa” (halaman 91).

“Bang Ali tetap produktif di usia 80 tahun. Ini bisa dijadikan teladan bagi wartawan muda”, tulis M. Yazid (halaman 106). J. Anto dari Kippas menyebut: “Pak Ali itu pujangga pers Medan” (halaman 110). Bahkan beberapa kontributor secara gamblang menyatakan pak Ali sebagai “guru” dalam bidang profesi ini.

Dan ada sejumlah komentar lain. Tentu semuanya dapat memotivasi para wartawan untuk bekerja secara profesional.

Semangat

Pilihan judul “Semangat yang tak pernah padam” karena meski beliau dalam beberapa tahun ini agak terganggu kesehatannya disebabkan faktor usia, namun semangat kerja tiada henti.

Pengakuan ini bukan saja dari kami di kantor, tetapi juga dari istri dan putra-i beliau. Jika agak sehat, esok pagi sudah ke kantor. Semangat ini, memang tak pernah padam. Itulah semangat pak Ali.

Begitulah acara khusus bagian redaksi dan tata usaha di kantor pusat “Analisa”, yang dipandu Sugiatmo yang berkesan dan penuh kekeluargaan.

Sekali lagi, pak Ali selamat ultah ke 80, semoga diberi umur yang barokah. (War Djamil)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *