POLDA SUMUT MUSNAHKAN BARBUK NARKOBA SEBULAN

TRIBUN-MEDAN.com-MEDAN-Direktorat Narkoba Polda Sumut memusnahkan barang bukti narkoba senilai Rp1,5 miliar, Jumat (18/1/2013).

Pemusnahan disaksikan perwakilan kejaksaan, pengadilan, dan aktivis LSM.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut Kombes Toga Habinsaran Panjaitan mengatakan, barang bukti berupa shabu, pil ekstasi, dan ganja ini diambil dari kasus-kasus yang ditangani selama sebulan pertama dirinya menjabat sebagai pimpinan direktorat itu. Rentang waktu itu telah diungkap sebelas kasus dengan empat belas tersangka.

“Dalam undang-undang, setiap ada penemuan atau penyitaan, setelah tujuh hari harus sudah dimusnahkan. Namun, karena selama ini belum signifikan maka dilakukan pemusnahan sekaligus,” kata Toga saat memberikan sambutan.

Adapun jumlah shabu yang dimusnahkan adalah 1.235,20 gram atau senilai Rp 1,482 miliar (Rp 1.200.000/gram), ganja 1.999 gram atau senilai Rp2.998.500, dan 171 butir ekstasi senilai Rp 42,75 juta.

Seperti biasa, pemusnahan ganja dilakukan dengan membakarnya. Sementara pemusnahan shabu dan ekstasi dilakukan dengan cara menghancurkannya dalam blender dan dilarutkan dengan air panas lalu dibuang ke dalam sebuah lubang.  (ton/tribun-medan.com)
sumber: medan.tribunnews

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *