PEKERJA TAK DIDAFTAR KE JAMSOSTEK IZIN USAHA PEDAGANG BIKA AMBON BAKAL DICABUT

Hari Ini, Petugas Disnakersos Kota Medan Turun

Medan, (Analisa). Jika para pedagang kue kering maupun basah, termasuk pedagang bika ambon di Jalan Mojopahit tetap membandel karena belum juga mendaftarkan para pekerjanya menjadi peserta jamsostek, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Medan akan berkoordinasi dengan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) serta mengusulkan agar izin usaha para pedagang tersebut segera dicabut.
“Secara langsung kita tidak bisa mencabut izin usaha mereka. Namun kita akan berkoordinasi dengan BPPT agar mereka mencabut izin atau menahan surat izin yang sudah diurus para pengusaha itu. Hingga mereka mendaftarkan para pekerjanya ke jamsostek,” tegas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Medan Armansyah usai Rapat Koordinasi Fungsional (KF) Pelaksanaan Program Jamsostek Kota Medan bersama PT Jamsostek (Persero) Cabang Medan, di Hotel Grand Elite, Rabu (16/1).

Terus terang, lanjut Armansyah, pihaknya sangat miris saat turun ke lapangan dan mengetahui para pekerja toko bika ambon di Jalan Mojopahit maupun di salah satu mall terbesar di Medan, banyak tidak terdaftar sebagai peserta jamsostek, bergaji hanya Rp 800 ribu perbulan, tidak diberi Tunjangan Hari Raya (THR) dan uang lembur.

“Padahal, jaminan sosial tenaga kerja itu hak para pekerja sesuai Undang-Undang No. 3 Tahun 1992 yang wajib dipatuhi para pengusaha. Mereka berhak mendapatkannya,” tegas Armansyah dampingi Kacab Jamsostek Medan Satria Dharma, Kacab Jamsostek Belawan Panji Wibisana, Kabid Pemasaran Medan Yosep Rizal, Kabid Progsus Medan Zulferis, Pemasaran Belawan Normansyah.

Serius

Sebagai satu langkah nyata keseriusan dari Disnakersos, besok (hari ini) petugas Disnakersos Medan turun ke berbagai pedagang bika ambon guna menindaklanjuti informasi yang didapat dari Kacab Jamsostek Medan.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah I PT Jamsostek (Persero) IGN Suartika mengungkapkan pertemuan tersebut merupakan satu langkah awal yang bagus, “Ini menunjukkan komitmen yang serius demi meningkatkan kepesertaan jamsostek,” katanya.

Suartika juga berharap, koordinasi fungsional antara jamsostek dengan dinas-dinas terkait mampu membantu tenaga kerja untuk mendapatkan haknya.

Kacab Jamsostek Medan Satria Dharma menambahkan, sebagai bentuk komitmen Jamsostek dengan Disnakersos Medan agar jumlah peserta jamsostek terus bertambah, Jamsostek Medan telah menyediakan ruang kerja bagi para petugas.

“Tujuannya, agar lebih efektif jika petugas berkantor di Jamsostek. Jadi bisa saling mendukung satu sama lain,” pungkas Satria.(mc)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *