LAGI, DIRUT PDAM TIRTA MALEM DITUDING PUNGLI

Kabanjahe-andalas Setelah sebelumnya Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtamalem Kabupaten Karo, Esra Tarigan dituding tidak becus mengelola PDAM, kali ini orang nomor satu di PDAM Tirtamalem dituding ‘pungli’ pergantian meteran pelanggan sebesar Rp250.000,- Padahal anggaran pergantian meteran sudah ditampung dalam APBD Karo.

Namun tudingan itu dibantah Dirut PDAM Tirta Malem Kabupaten Karo Esra Tarigan . “Tidak ada itu (pungli Rp 250.000). Karena untuk penggantian meter air pelanggan di Tanah Karo gratis, tetapi ada biaya pemasangan meter dikenakan sebesar Rp.25.000 (dua puluh lima ribu rupiah) sesuai dengan Surat Keputusan Direksi PDAM Tirta Malem, Nomor 7045.9./KPTS/12.1/2010 tentang penggantian meter air pelanggan,” katanya.

Menurut, Dirut PDAM Tirta Malem Esra Tarigan didampingi Humas L Sri Ani Br Damanik, penggantian meter air disebutkan tidak dikenakan biaya kepada pelanggan juga tertuang dalam perjanjian hibah anatara Pemkab Karo Nomor : 119/338/HUK-ORTA/2009 Pasal 3 ayat 1.

Sedangkan untuk tarif biaya pemasangan sambungan baru, ganti meter, biaya balik nama, pindah alamat dan pembukaan kembali sambungan yang sudah ditutup pihak Tirta Malem mengacu kepada keputusan Dirut PDAM Tirta Malem Kabupaten Karo Nomor : 488/1.10/KPTS/12.1/2006,” kelit Esra dan L Sri Ani kepada wartawan, Kamis (17/1) di Kabanjahe.

Perlu diketahui, tidak dikenakannya biaya pergantian meter air kepada pelanggan, karena anggarannya di tampung di APBD Karo tahun anggaran 2009 dan disalurkan kepada masyarakat terhitung Januari 2010, namun untuk pergantian meter air rutin, pelanggan dikenakan biaya sebesar Rp 200 ribu, karena untuk pergantian rutin tersebut anggarannya tidak ditampung di APBD,” ujarnya.

Menyangkut adanya informasi pihak PDAM Tirta Malem mengenakan pungutan biaya sebesar Rp 250 ribu kepada pelanggan untuk penggantian meteran, itu tidak benar, saya baru tau hal tersebut dari wartawan.

“Saya baru beberapa bulan menjabat Dirut di perusahaan ini. Jadi saya belum pernah mendapat laporan pihak PDAM Tirta Malem mamatok tarif pergantian meter air sebesar Rp 250 ribu,” katanya.

“Bila ada oknum karyawan PDAM Tirta Malem melakukan pemungutan sebesar itu untuk pemasangan penggantian meter air kepada pelanggan tolong laporkan segera.”Tindakan tegas pasti diberikan kepada yang bersangkutan,”kata Esra Tarigan, terkesan membela diri. (RTA)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *