MASSA DESAK BK DPRD SUMUT PAW TAHAN MANAHAN

MEDAN (Berita): Aksi massa mengecam Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut, Tahan Manahan Panggabean MM terus berlangsung. Kamis (17/1) sekelompok massa dari Forum Komunikasi Masyarakat Madani (FKMM) Sumut, kembali menggelar unjukrasa di depan gedung DPRD Sumut.

Massa FKMM yang tergabung dalam elemen masyarakat Deli Serdang, terdiri dari  mahasiswa dan Ormas dalam pernyataan sikapnya mendesak Badan Kehormatan (BK) DPRD Sumut segera melakukan Penggantian Antar Waktu (PAW) kepada Tahan Manahan Panggabean.

Selain itu massa juga meminta agar BKD bekerjasama dengan instansi terkait segera mendesak Tahan Manahan untuk mengembalikan uang negara yang selama ini telah dia pergunakan untuk kepentingan pribadi.

“Kami juga telah menyampaikan surat resmi ke BKD DPRD SUmut terkait persoalan ini, jadi kami minta agar segera ditindaklanjuti,” teriak massa FKMM yang diketuai Muhammad Yusuf Tambunan.

Menurut massa alasan agar Tahan di PAW, karena pada saat dia dilantik sebagai anggota DPRD Sumut 14 September 2009, masih berstatus sebagai terdakwa melakukan tindak pidana melanggar Pasal 146 KUHP JO, pasal 55 ayat 1 dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. Status terpidana yang disandang Tahan Manahan karena dia turut terlibat dalam peristiwa demo yang menyebabkan meninggalnya Ketua DPRD Sumut Drs H Aziz Angkat serta terjadi kerusakan material dan sarana serta prasarana DPRD Sumut.

Hingga dalam statusnya itu dia tetap menjalankan tugas sebagai anggota DPRD Sumut, padahal hal itu, menurut massa telah bertentangan dengan UU Nomor 10 tahun 2008, pasal 218 ayat 1 dan 2, juga PP nomor 16 tahun 2010 BAB XII bagian kesatu pergantian antar waktu pasal 102 ayat 1 huruf C dan ayat 2 huruf C.

Kemudian berdasarkan keputusan Mahkamah Agung Republik Indonesia omor 833/K/Pid/2010 menyatakan bahwa Tahan Manahan sudah ditetapkan bersalah melanggar pasal 146 KUHP JO, pasal 55 ayat 1 dan pasal 335 ayat 1, ke-1 yang menyatakan Tahan Manahan dijatuhi hukuman 8 bulan dan 15 hari.

Aksi itu diterima anggota DPRD Sumut, Sudirman Halawa dan Mulkan Ritonga dari Fraksi Golkar, serta Iman B Nasution dari Fraksi Gerindra yang berjanji akan membawa aspirasi massa kepada pimpinan DPRD Sumut.(irm)
sumber: beritasore

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *