JALAN MEDAN-BERASTAGI RENTAN ALAMI KERUSAKAN

Medan, 15/1 (ANTARA) – Ruas jalan dari Kota Medan menuju Berastagi, Kabupaten Karo, memiliki rentan mengalami kerusakan banyak faktor seperti potensi longsor dan genang air air di badan dan pinggir jalan.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi D DPRD Sumut di Medan, Selasa, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Wijaya Seta mengatakan, sebagian besar ruas jalan dari Medan ke Berastagi itu berada di pinggir tebing.

Dengan keberadaan tebing tersebut, ruas jalan itu sangat berpotensi menerima longsor, terutama ketika menerima hujan lebat sehingga memenuhi dan merusak badan jalan.

Kondisi itu diperparah dengan banyaknya tempat pencucian kendaraan (doorsmeer) dan lokasi pengisian air minum isu ulang yang menyebabkan airnya mengalir dan menggenangi badan jalan.

Keberadaan air tersebut menyebabkan tingkat ketahanan badan jalan menjadi berkurang sehingga mudah rusak, apalagi jika dilintas kendaraan dengan berat yang melebihi kemampuan jalan.

Karena itu, tidak mengherankan jika ada lokasi tertentu di sepanjang jalan dari Medan ke Berastagi yang terus mengalami kerusakan.

Untuk mengurangi potensi kerusakan tersebut, diperlukan penyiapan dan pembangunan saluran drainase di pinggir jalan guna menampung air guna menghalangi penggenangan badan jalan.

Namun pembangunan drainase tersebut belum dapat dilakukan karena perlu diiringi dengan fasilitas penutup guna mencegah masuknya material yang dapat menghambat aliran air.

“Kalau tidak ada penutup, khawatirnya mereka (masyarakat) yang akan menutupnya,” kata dia.

Meski demikian, pihaknya terus melakukan perbaikan dan perawatan agar transportasi masyarakat Sumut tidak terkendala, terutama ketika menuju berbagai lokasi wisata di Karo.

“Secara umum, kondisinya lebih baik dibandingkan dua tahun lalu yang masih banyak lubangnya,” kata Wijaya.(Ant)

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *