USU SOSIALISASIKAN SNMPTN KE 17 KABUPATEN/KOTA

Starberita РMedan,  Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di 17 kabupaten/kota di Sumatera Utara, terkait dengan berubahnya format pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013.
Pembantu Rektor I Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Zulkifli Nasution, Rabu (16/1) pada Starberita, Kabupaten/kota yang menjadi sasaran sosialisasi tersebut yakni Kota Medan, Padang Sidimpuan, Binjai, Deli Serdang, Sibolga, Tebing Tinggi, Langkat, Asahan, Simalungun, Tanjung Balai, Serdang Bedagai, Pamatang Siantar, Tapanuli  Selatan, Tapanuli Tengah, Dairi, Madina, dan Labuhan Batu.

Seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri tahun ini lebih mengutamakan melalui jalur undangan, yakni sebanyak 60 persen, sementara melalui jalur ujian tulis hanya 40 persen dari daya tampung keseluruhan mahasiswa yang akan diterima.

“Sosialisasi ini lebih ditekankan bagimana para kepala sekolah dapat mengisi data siswa dan sekolahnya dengan benar di web: pdss.snmptn.ac.id. Ini penting karena kalau salah isi data, siswa bisa tidak terdaftar sebagai peserta ujian SNMPTN,” katanya

Ia menambahkan, Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini nilai ujian nasional dan nilai rapor serta prestasi lainnya menjadi salah satu syarat utama masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dengan sistem ini akan memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.

Namun jalur ini hanya berlaku bagi siswa tamatan tahun 2013, sementara siswa tamatan tahun 2012 dan 2011 masuk ke PTN tetap melalui jalur ujian tulis atau 40 persen dari kuota mahasiswa baru.

“Melalui jalur undangan ini pihak sekolah harus terlebih dahulu mengirim data prestasi siswa ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) Dikti melalui web: pdss.snmptn.ac.id. Dengan PDSS ini paling tidak kita akan mempunyai bank data bagi peserta didik kita nantinya,” katanya.(ULF/MBB)
sumber: starberita

This entry was posted in Berita, Berita dan Informasi Utk Takasima, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *