USU DAN DINAS PENDIDIKAN SOSIALISASIKAN PDSS SNMPTN 2013

Starberita – Medan, Universitas Sumatera Utara (USU) berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Sosialisasi Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS) SNMPTN 2013 di ruang Direktorat USU, Rabu (16/1).
Sosialisasi PDSS SNMPTN secara serantak di 17 Kabupaten Kota di Sumatera Utara. Peserta terdiri dari para Kepala Sekolah, Petugas IT, dan Pengawas  dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kota terdiri dari Kota Medan, Padang sidimpuan, Binjai, Deli Serdang, Sibolga, Tebing Tinggi, Langkat, Asahan, Simalungun, Tanjung Balai, Serdang Bedagai, Pamatang Siantar, Tapanuli  Selatan, Tapanuli Tengah, Dairi, Madina, dan Labuhan Batu.

Menurut Zulkifli Nasution selaku Pembantu Rektor I USU menjelaskan, SNMPTN merupakan Seleksi yang dilakukan melalui penjaringan prestasi akademik dan prestasi lainnya. Sekolah harus mengirim data prestasi siswa ke Landasan PDSS.

Ia juga mengatakan, menurut Hukum  1. PP Nomor 66 Tahun 2010 dan Permendiknas No 34 Tahun 2010, landasan hukum terbaru : UU PT No 12 Tahun 2012 pasal 73 (73 b) Jadi SNMPTN merupakan amanat Undang-undang. PMB 2013 terdiri dari tiga jalur  SNMPTN, SBMPTN, Mandiri.

“Keterkaitan dengan Ujian Nasional sebagaimana pesan Mendikbud yaitu adanya integrasi antara PT dan Pendidikan Menengah. Dimana SNMPTN menggunakan UN sebagai salah satu kriteria, disamping rekam jejak siswa  selama mereka di SMA,” ungkapnya.

Ia mengatakan, persyaratannya yaitu Sekolah yang ikut SNMPTN adalah Sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN yang masuk rekam jejak dalam PDSS dan Siswa wajib membaca ketentuan.(Rez/MBB)
sumber: starberita

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *