PEMKAB HUMBAHAS BIDIK SEKTOR PARIWISATA BANDARA SILANGIT

Dolok Sanggul-andalas Peralihan pengelolaan Bandara Silangit dari Kementerian Perhubungan kepada PT Angkasa Pura II akan dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), untuk mengembangkan sector pariwisata di daerah itu.

Demikian dikemukakan Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing, MSidi sela acara syukuran awal tahun yang dilakanakan di Aula Huta Mas,Tano Tubu, Dolok Sanggul, Senin (14/1).

Peralihan pengelolaan Bandara Silangit dari Kementerian Perhubungan kepada PT Angkasa Pura II harus berdampak bagi Pemkab Humbahas.

“Terutama di sektor pariwisata, jadi Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Prindagkop) harus dapat memanfaatkan dampak peralihan ini dengan menciptakan karya bernuansa wisata baik souvenir dengan melekatkan ciri Humbahas,” tegasnya sembari mengingatkan, wajib belajar 12 tahun akan dimulai tahun ini.

Maddin menjelaskan, budaya belajar, bekerja dan berdoa terus harus dimiliki oleh setiap PNS, dengan harapan motto itu nantinya dapat mengakar pada masyarakat Humbahas.

Sementara, Sekdakab Humbahas, Saul Situmorang SE MSi lebih menekankan budaya kebersamaan dalam jajaran PNS. Kekompakkan sebagai insan PNS dan penerapan etika maupun etos kerja harus bisa dirasakan di Humbahas.“Tiga E yaitu etos Kerja, Etika pemerintahan dan Emosional koorps harus menjadi pedoman bagi setiap PNS di lingkungan Kerja PNS Humbahas. Intinya PNS di sini harus saling merasa memiliki mengerti etika untuk terciptanya keyamanan bekerja,” ujarnya.

Sementara itu menyikapi arahan bupati, Kadis Prindakop Humbahas Drs JW Purba mengatakan persiapan pihaknya dalam membina pengerajin tradisional di Humbahas sudah dilakukan jauh sebelum Momen peralihan pengelolaan Bandara silangit.

“Perajin kecil dan pola tradisional kerap kita bina guna mengantisipasi persaingan. Sebelum pengalihan pengelolaan bandara silangit, sudah kita jajaki kerja sama dengan Perhimpunan Masyarakat Humbahas di Batam yang diharapkan dapat mengembangkan hasil yang khas dari Humbahas, semisal kopi maupun kerajinan tradisional lain bahkan rencana melakukan ekspor sudah kita jajaki,”tandasnya. (AND)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *