LAPORKAN KE DINKES MEDAN ORANG KAYA PAKAI JAMKESMAS, KARTUNYA DITARIK

Medan-andalas Dinas Kesehatan Kota Medan segera mendistribusikan kartu kepesertaan Jamkesmas yang baru ke masing-masing Puskesmas.

Institusi kesehatan ini juga mengimbau kepada seluruh pihak, jika mendapatkan orang kaya yang menggunakan kartu jamkesmas, diharapkan melaporkan temuan tersebut  Dinkes Medan untuk segera ditindaklanjuti.

“Kita juga akan tindaklanjuti jika ada kedapatan yang menggunakan dua kartu, Medan Sehat dan Jamkesmas. Kalau kasus seperti ini, salah satu kartu akan kita tarik,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, drg Hj Usma Polita Nasution Mkes kepada waratwan di ruang kerjannya,Selasa (15/1).

Usman menambahkan pendistribusia kartu Jamkesmas baru ini akan dilaksanakan pada pekan ini.

Mengenai kepesertaan baru ini, kata Usma, terjadi penurunan jumlah dari data sebelumnya. Jika tahun sebelumnya, data kepesertaan Jamkesmas sebanyak 412.249 jiwa, kali ini kepesertaan Jamkesmas di kota Medan sebanyak 397.370 jiwa atau berkurang 23.879 jiwa.

Sedangkan keterlibatan Puskesmas, lanjut Usma, bertugas mengkoordinasikan ke pihak kepala lingkungan. “Pembagian kartunya kita serahkan ke Puskesmas berdasarkn SK Mentri Kesehatan,” katanya.

Sebaliknya, jika kepesertaan Jamkesmas terjadi penurunan namun tidak dengan kepesertaan JPKMS (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Medan Sehat). “Kalau Medan Sehat tidak ada pengurangan jumlah kepesertaan. Datanya tetap yang lama sebanyak 354.855 jiwa,” imbuh Usma.

Sementara Kepala Bidang Kepesertaan Jamkesmas Kementrian Kesehatan RI, Kamaruzzaman menjelaskan, pihaknya sudah mengeluarkan surat penerbitan SKP bagi pemegang kartu jamkesmas baru No JP.02.01/I/0051/2013 tertanggal 11 Januari 2013 yang ditandatangani Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI, dr Supariantoro Sp.P, MARS.

“Kita sudah meminta kepada PT Askes untuk menerbitkan Surat Keabsahan Peserta (SKP) bahwa pemegang kartu baru diberlakukan mulai 1 Januari 2013. Sedangkan kartu yang lama, berlaku hingga tanggal 28 Februari 2013,” kata Kamaruzzaman. (YN)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *