HARGA GABAH PADI DI SERDANG BEDAGAI CAPAI RP4.250/KG

Starberita – Teluk Mengkudu, Hasil produksi gabah petani di Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai hanya mampu mencapai 6 ton perhektar. Jika dibandingkan dengan panen sebelumnya terjadi penurunan kapasitas produksi.
Berkurangnya produksi gabah disebabkan binatang lembing yang merusak tanaman padi, hama wereng, tikus dan cuaca yang sering hujan dan angin kencang, sehingga pada saat padi berbunga dan tertiup angin, akhirnya padi menjadi kosong atau tidak berisi pada setiap bulirnya.

Meskipun demikian, harga gabah sekarang ini cukup menggembirakan ditingkat petani, setiap kilogramnya mencapai Rp4.350, tetapi dengan berkurang jumlahnya produksi yang diakibatkan beberapa factor hama dan alam membuat petani sedikit kecewa.“Harga gabah sekarang ini cukup baik, dimana setiap kilogram mencapai Rp4.350,” kata Anwar dan Yahya Dani pekerja yang ikut memanen (ngomben) di Dusun VI Lubuk Cengal, Desa Pematang Setrak, Rabu (16/1).

Terpisah, Ketua Kelompok Tani Fajar Wagimin Unggul menyampaikan pernyataan yang sama, menurutnya harga gabah saat ini cukup baik, akan tetapi, katanya karena ada sebagian areal persawahan yang diserang hama wereng dan factor alam.

Kendati demikian, sambungnya, menghadapi serangan hama wereng tersebut, Dinas Pertanian dan Peternakan (Disntanak) Pemkab Sergai telah memberikan bantuan racun uploaddan haktana  sehingga lahan petani yang terkena hama tidak gagal panen.

“Kalau tidak diberi racun upload dan haktana kemarin panennya bisa gagal. Tetapi untunglah, perhatian pemerintah khususnya Distanak Sergai segera member racun guna menyiasati serangan hama wereng tersebut,” ujar Wagimin sembari mengatakan musim tanam (MT) selanjutnya akan dimulai pada pertengahan bulan Maret 2013.(RYAD/MBB)
sumber: starberita

This entry was posted in Berita, Informasi AgriBisnis. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *