PUTUSAN RENDAH ANGIE, KPK EVALUASI SURAT DAKWAAN & BARANG BUKTI

MedanBisnis-Jakarta. Muncul desakan bagi KPK untuk mengevaluasi tim jaksa setelah vonis untuk Angelina Sondakh ternyata sangat rendah, dibanding tuntutan tim penuntut. KPK memang akan melakukan evaluasi, tapi pada surat dakwaan dan bukti, bukan jaksa.

Jubir KPK Johan Budi mengatakan, setiap selesai sidang putusan, KPK selalu melakukan analisa terhadap putusan tersebut. Selain itu KPK juga mengevaluasi surat dakwaan dan barang bukti.

“Setiap selesai pembacaan vonis dalam kasus apa saja, tentu ada dua hal yang dilakukan. Selain mempelajari dan menganalisa putusan hakim, tentu juga mengevaluasi sejauh mana dakwaan dan bukti-bukti yang diajukan oleh jaksa KPK,” ujar Jubir KPK Johan Budi.

“Jadi bukan mengevaluasi jaksanya,” tegas Johan.

Sebelumnya, Mantan hakim Asep Iwan Iriawan menilai jaksa mungkin saja lemah dalam pembuktian di persidangan. Jaksa dianggap tidak berhasil meyakinkan hakim jika Angie benar-benar terbukti melanggar Pasal 12.

“Kelemahannya dia tidak maksimal untuk membuktikan di depan hakim,” ujar Asep Iwan Iriawan usai mengikuti acara diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2013).

Jaksa harusnya bisa membuktikan jika seluruh uang yang ada di Permai Grup merupakan uang negara. Asalnya dari proyek-proyek pemerintahan.

“Jaksa juga harus divealuasi, kenapa dia tidak maksimal (membuktikan) di depan hakim, bahwa uang itu kumpulan uang dari proyek-proyek yaitu uang negara,” jelas Asep lagi.

Angie diputus pidana penjara selama 4 tahun 6 bulan penjara. Angie yang juga diwajibkan membayar denda Rp 250 juta ini, dinyatakan bersalah dalam perkara suap pembahasan anggaran proyek Kemenpora dan Kemendiknas.

Putusan ini jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni hukuman 12 tahun penjara, denda Rp 500 juta dan uang pengganti Rp 12,5 miliar dan 2,3 juta dolar AS. Atas putusan hakim, jaksa pada KPK segera mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi. (dtc)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *