PENGUSAHA KILANG PADI AMBIL ALIH PERAWATAN JALAN

Indrapura, (Analisa). Pengusaha Kilang Padi Tani Tanah Merah Kecamatan Air Putioh Batubara Anen terpaksa mengambil alih perbaikan dan perawatan 300 meter jalan umum desanya akibat diterlantarkan selama lebih 20 tahun.
Menurut Anen, Jumat (11/1), jalan umum yang dirawatnya tersebut dahulunya berstatus provinsi. Setelah dibangun jalan pengganti berstatus jalan umum lintas Sumatera di tempat lain, jalan desanya itu dibiarkan terlantar.

Padahal rumah warga baik di kiri maupun di kanan jalan tertinggal tersebut cukup padat. Sama dengan jalan lintas Sumatera penggantinya, jalan itu senantiasa ramai dilalui warga yang hilir mudik pergi pulang melaksanakan kegiatan.

Akibat diterlantarkan, kondisi jalan tersebut rusak total. Aspalnya sudah tidak kelihatan lagi dan banyak berlubang. Anen terpanggil memperbaiki dan merawat jalan tersebut dengan menimbunkan tanah dan pasir. Karyawannya yang tidak bekerja ditugaskan untuk meratakannya.

Anen mengatakan, selain jalan, sebuah jembatan yang ada juga turut diperbaiki. Jembatan tersebut persis terdapat di kawasan Simpang Empat lama. Sama seperti jalan diterlantarkan, jembatan itu turut rusak.

Bersama dengan pribadi Camat Air Putih Rusian Heri S Sos, Anen mengganti jembatan yang rusak itu dengan konstruksi bangunan baru berkwalitas dan permanen berukuran 2,5 meter dan lebar sama jalan.

Tahap pertama perbaikan dan perawatan jalan bersama bangunan jembatan tersebut menelan biaya hampir Rp 10 juta, ujar Pengusaha Kilang Padi Tani Tanah Merah Anen. (al)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *