KM LABOBAR GANTIKAN KM KELUD KE BELAWAN

MedanBisnis – Belawan. Kapal Motor (KM) Kelud yang melayani pelayaran Tanjung Priok – Belawan akan diganti dengan KM Labobar atau KM Tidar pada saat hari besar keagamaan. Pasalnya, kapasitas kedua kapal yang melayani pelayaran ke Indonesia Bagian Timur itu jauh lebih besar ketimbang KM Kelud.
General Manager PT Pelni Medan-Belawan, Captain Budandi kepada wartawan di ruang kerja Syahbandar Pelabuhan Belawan Benny Tangkuman, pekan lalu mengatakan, pada saat hari besar keagamaan seperti Hari Raya dan Hari Natal, penumpang KM Kelud dari ke Tanjung Priok via Batam-Tanjung Balai Karimun selalu membludak hingga melebihi kapasitas. “Untuk mengantisipasi hal tersebut atau agar jumlah penumpang bisa lebih banyak diangkut maka pihaknya akan mengganti KM Kelud dengan KM Labobar atau KM Tidar yang kapasitasnya lebih banyak,” katanya.

Kapasitas KM Kelud kata Budandi, hanya 2.600 orang sementara KM Labobar dan KM Tidar masing-masing 3.100 dan 3.000 penumpang. Dia mengakui bahwa pada saat hari besar keagamaan pihaknya selalu menambah armada ke Belawan. Armada tersebut yakni KM Labobar atau KM Tidar.

Anehnya papar Budandi, masyarakat yang hendak mudik ke Sumatera Utara melalui Pelabuhan Belawan kurang sreg menumpang kedua kapal tersebut. Masyarakat tetap mencari KM Kelud sehingga penumpangnya membludak. “Masyarakat Sumut sudah menganggap KM Kelud adalah kapalnya,” kata Budandi yang diamini Benny Tangkuman.

KM Kelud yang melayani pelayaran Tanjung Priok – Belawan terus merugi. Setiap pelayaran PT Pelni selaku pengelola kapal terus merugi hingga ratusan juta rupiah. Untuk sekali pelayaran ujar Budandi, KM Kelud memerlukan biaya bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp 1 miliar. Sedangkan pendapatan yang diperoleh paling tinggi berkisar Rp 400 juta. “Jadi setiap pelayaran PT Pelni terus merugi,” katanya sembari menambahkan subsidi pemerintah untuk KM Kelud sebesar Rp 1 miliar setiap pelayaran. (wismar simanjuntak)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *