SUMSEL BERSIAP GELAR FESTIVAL SONGKET

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG — Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah pelaksanaan festival songket pada pertengahan 2013.

”Festival songket itu bertujuan untuk melestarikan kain hasil tenunan dari masyarakat terutama di daerah ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Toni Panggarbesi, kepada wartawan di Palembang, Minggu.

Kegiatan tersebut nantinya akan diikuti peserta dari seluruh Indonesia. Itu terutama bagi daerah yang memiliki tenun songket.

Selain itu, pihaknya akan mengundang negara-negara anggota ASEAN untuk berpartisipasi dalam festival songket tersebut. Toni menambahkan peserta dari luar negeri kemungkinan akan hadir dari Malaysia karena negara tetangga tersebut rutin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di Sumsel.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempromosikan hasil usaha pertenunan tradisional Sumsel berbahan dasar benang sutra dan benang emas itu kepada daerah lain. Dengan dipromosilkannya kerajinan tradisional khas daerah, maka masyarakat umum akan semakin tertarik untuk mengetahuinya.
sumber : republika

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *