PENCURIAN DI GEREJA DI HUMBAHAS MENGGANAS

DOLOKSANGGUL – Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut Jendyman Gultom meminta kepolisian secepatnya mengungkap kasus-kasus pencurian yang terjadi di sejumlah gereja di Humbahas.

Selain meresahkan masyarakat, pecurian barang pendukung ibadah seperti alat musik dan pengeras suara sangat merugikan jemaat.Jendyman mengatakan, gereja saat ini telah menjadi lahan empuk bagi para pelaku pencurian.Hingga saat ini saja, kata dia, sudah lima gereja yang diketahui dibobol maling dan kehilangan sejumlah peralatan ibadah.

“Kami minta ini menjadi tugas prioritas Polres Humbahas, sebab kasus ini sudah sangat merajalela. Selain itu, barang-barang yang dicuri cenderung peralatan ibadah yang harganya puluhan juta rupiah. Sehingga kerugian jemaat atas kasus pencurian ini sudah sangat besar,” katanya di Dolok Sanggul, hari ini.

Jendyman menambahkan, sampai saat ini pihaknya sudah menyerahkan penanganan kasus- kasus pencurian di gereja tersebut kepada pihak kepolisian. Namun sampai saat ini,belum ada satu kasuspun yang berhasil terungkap.Tidak adanya kasus yang terungkap ini jugalah yang membuat PGI pesimis adanya jaminan keamanan untuk rumah ibadah.“Karena itu kamia meminta kepada seluruh pengelola rumah ibadah, baik rumah ibadah apapun agar jaga masing-masing. Sebab sampai saat ini belum ada kasus yang terungkap,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Humbahas AKBP Heri Sulismono mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah berusaha mengungkap kasus pencurian tersebut. Namun yang menjadi kendala sangat minim bahan keterangan dan saksi. Dia juga meminta agar pengelola gereja membuat penjagaan khusus disetiap rumah ibadah.“Kami bagai mencari jarum dalam jerami, karena informasi minim dan saksi juga demikian,”katanya.

Heri menjelaskan bahwa selain melakukan penjagaan, perlengkapan yang berharga sebaiknya juga mendapat perlakukan khusus. “Contohnya jika memungkinkan untuk dibawa pulang maka sebaik dibawa pulang.Sementara untuk peralatan besar seperti pengeras suara yang sudah dipasang permanen baiknya mendapat sistem keamanan yang baik,” kata dia.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *