SYAHBANDAR BELUM BERIKAN IZIN PEMINDAHAN TERMINAL PENUMPANG PELABUHAN BELAWAN

Belawan, (Analisa). Rencana pemindahan terminal penumpang kapal dari Dermaga Ujung baru ke Dermaga Gudang Merah Pelabuhan Belawan, belum mendapat izin dari Syahbandar Pelabuhan Utama Belawan.
“Untuk itu Pelindo I diminta terlebih dahulu memenuhi tiga persyaratan yang kami ajukan,”kata Kepala Syahbandar Pelabuhan Utama Belawan Benyamin Tangkuman, saat meninjau kondisi bangunan terminal penumpang bersama Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Kamis (10/1).

Menurut Benyamin, pihaknya selaku penanggungjawab keselamatan pelayaran menegaskan bahwa pemindahan terminal domestik baru dinilai layak, setelah dari sisi laut dilaksanakan pengerukan kedalaman alur.

Kemudian pengangkatan kerangka kapal yang mengganggu alur. Namun yang terpenting baginya mensosialisasikannya kepada masyarakat di sekitar pinggir laut tersebut secara berkoordinasi dengan Pemda setempat.

Karena hal ini berdampak masalah sosial, dimana sewaktu melintasnya kapal penumpang dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan masyarakat khususnya di Desa Nelayan Seberang .”Mengingat gelombang (ombak) yang timbulkan kapal penumpang bisa merusak rumah penduduk di pesisir tersebut,”katanya.

Tentunya jika masyarakat desa terpaksa harus dipindahkan, harus ada langkah sosialasi dan antisipasi yang jelas. Begitu juga dampaknya di darat. “Jangan hanya aparat keamanan yang jadi tameng saat berhadapan dengan masyarakat,”katanya.

Pada kesempatan itu Anggota DPD RI Parlindungan Purba mengatakan, pihaknya telah menerima pengaduan dari masyarakat yang terganggu dengan gelombang baling-baling kapal besar yang melintas di alur tersebut.

“Saya juga turut merasakan saat mengarungi alur tersebut, sebab arus air cukup kuat saat kapal besar melintas, sehingga alur harus diperdalam dan dilebarkan lagi,”kata Parlin menyebutkan rumah penduduk bisa rusak terkena terpaan ombak besar kapal nantinya.

Dengan begitu dia sepakat bahwa terminal penumpang yang baru itu agar tidak difungsikan sebelum seluruh infrastruktur pendukung diselesaikan.

Begitu juga banyak faktor lainnya, yakni kepada angkutan perhubungan darat dan laut juga disosialisasikan. Sebab dia berkeinginan agar sinergi angkutan terpadu di Belawan menjadi berkah bagi semua elemen.

Sehingga kajian dalam membangun transportasi ideal, jangan sampai transportasi darat nantinya dirugikan dengan operasional kereta api yang bersinergi dengan angkutan laut tersebut.

Parlindungan optimis pemindahan terminal dapat terlaksana, asalkan Pelindo I lebih serius dan komunikatif. Karena dia menilai Pelindo tidak komunikatif dan kurang performance.

Sebelumnya Deputi GM Pelindo I Parsaulian menargetkan, Juni mendatang terminal baru penumpang senilai Rp8 miliar itu akan terealisasi. Untuk tahap awal diselesaikannnya pembangunan fisik bangun dan baru melangkah ke tahap berikutnya.  (maa)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *