RAKORWIL KSBSI PERJUANGKAN BURUH OUTSOURCING JADI BURUH TETAP

MedanBisnis – Medan. Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil) Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) yang berlangsung mulai 11-13 Januari 2013 akan memperjuangkan buruh outsourcing menjadi buruh tetap.
“Ada beberapa agenda yang menjadi pembahasan serius dalam rapat kerja nanti. Di antaranya mengenai penguatan intenal SBSI sendiri,” kata Korwil KSBSI Sumut Edward Pakpahan di sela-sela Rakorwil Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSBSI) yang diselenggarakan di Medan, Jumat (11/1).

Poin penting lainnya seperti, persoalan perburuhan di Sumut yakni sistem kerja outsourcing. Dalam rapat kerja, diharapkan akan lahir solusi agar sistem outsourcing yang diterapkan di beberapa perusahaan berangsur-angsur tidak memaki pekerja outsourcing lagi.

Apalagi pada Permenaker Nomor 19/2003 tentang Outsourcing disebutkan tenaga outsourching hanya boleh pada sektor tenaga sekuriti, cleaning service, transportasi angkutan karyawan, katering, serta pertambangan.

“MPBI menginginkan adanya satgas atau Permenaker nomor 19/2003 dan Permenaker ini masih dalam masa transisi selama setahun. Setelah itu, tidak ada outsourcing yang tidak sesuai dengan Permenaker,” ucapnya.

Selain itu, kata Edward, pihaknya juga akan menyatakan sikap politisasi terkait pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung 7 Maret 2013. Pihaknya akan mendukung cagubsu yang mengutamakan kepentingan para pekerja.

Sementara itu, Presiden KSBSI Mudhofir Khamid, mengatakan, dari 36 juta buruh formal, hampir 75% berstatus kontrak dan outsourcing. Seharusnya, katanya, 70% buruh berstatus pekerja tetap dan 30% berstatus outsourcing atau kontrak. “Bukan alasan buat perusahaan yang beralasan bahwa menggunakan buruh outsourcing atau kontrak bisa meringankan operasional,” tegasnya.

Menanggapi hal itu Wakil Ketua Apindo Sumut, Johan Brien mendukung Permenaker Nomor 19 soal outsourcing. “Kita tetap akan mengikuti peraturan ketenagakerjaan, khususnya perusahaan yang tergabung ke dalam Apindo,” ujarnya.(ramita harja)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *