“ADAM COKELAT” OLAHAN KAKAO KHAS PADANGPARIAMAN

Padangpariaman (ANTARA News) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padangpariaman, Sumatera Barat, memperkenalkan “Adam Cokelat”, merek cokelat hasil olahan kabupaten tersebut.

“Adam Cokelat merupakan merek cokelat olahan dari kakao asli Padangpariaman sebagai sentra kakao di Indonesia Bagian Barat,” kata Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni di Padangpariaman, Kamis.

“Adam Cokelat” bisa didapatkan dan langsung dinikmati berupa minuman di Lapau Cokelat, Jalan Raya Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Dengan luas lahan sekitar 19-20 ribu ha, kata Bupati, Padangpariaman sudah bisa memproduksi cokelat sebanyak 100 kilogram per hari.

Ali Mukhni menjelaskan, sejak ditetapkannya “Industri Pengolahan Kakao dan Turunannya” sebagai Kompetensi Inti Industri Daerah Kabupaten Padangpariaman pada tahun 2007, telah disusun dan dilaksanakan program-program dan rencana aksi yang tertuang dalam Road Map Pengembangan.

“Berdasarkan hasil respon dari ahli kakao dari Jember yang telah melakukan pengujian hasil produk ini menyimpulkan bahwa coklat Padangpariaman ini layak untuk dipasarkan karena dapat memenuhi selera konsumsi masyarakat Indonesia,” terangnya.

Produk cokelat Padangpariaman juga telah dibawa dan pasarkan melalui beberapa pameran di Batam, Jakarta dan Sumbar Expo dan mendapat mendapat respon positif.

Melalui penganggaran tahun 2012, katanya, Padangpariaman telah mampu menyediakan Gedung Promosi/Outlet terhadap Produk-produk UMKM Padangpariaman, khususnya cokelat yang disediakan kafe khusus menikmati minuman cokelat.

Outlet ini nantinya akan dijadikan sebagai pusat sarana promosi dan pemasaran seluruh produk industri dan UMKM daerah Kabupaten Padangpariaman, katanya.(Ant)

This entry was posted in Berita, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *