JOKOWI WALI KOTA TERBAIK NO 3 DI DUNIA

Yayasan Wali Kota Sedunia (The City Mayors Foundation) merilis daftar wali kota terbaik sedunia tahun 2012. Dari 10 nama, Joko Widodo (Jokowi), mantan Wali Kota Surakarta, masuk di urutan ketiga.

Di urutan pertama wali kota terbaik tahun ini disematkan kepada Inaki Azkuna, yang memimpin Kota Bilbao, Spanyol, sedang posisi kedua ditempati Lisa Scaffidi, Wali Kota Perth, Australia.

Seperti dikutip dari laman www.worldmayor.com, Selasa (8/1), penyelenggara seleksi, The City Mayors Foundation menyebutkan bahwa penghargaan ini diberikan bagi mereka yang memberi peran yang berpengaruh atas kota atau wilayah yang mereka pimpin.

Jokowi, yang kini menjadi Gubernur DKI Jakarta, dinilai atas prestasinya saat masih menjadi Wali Kota Surakarta (Solo).

“Selama menjadi Wali Kota Surakarta – yang juga dikenal sebagai Solo – Joko Widodo mengubah kota yang dulunya rawan kriminalitas menjadi pusat kawasan seni dan budaya, sehingga mulai menarik pariwisata internasional,” demikian penilaian The Mayors Foundation.

Lembaga itu juga mengakui kampanye Jokowi memberantas korupsi di kotanya membuat dia kini dikenal sebagai politisi yang paling jujur di Indonesia. “Joko Widodo juga menolak mengambil gaji selama menjadi Wali Kota Surakarta,” demikian lanjut penilaian lembaga itu.

The World Mayor Project dimulai pada 2004 oleh The City Mayors Foundation. Lembaga ini didirikan pada 2003 untuk mempromosikan pemerintahan lokal yang baik, terbuka, dan jujur.

Seleksi ini berlangsung selama 12 bulan. Putaran pertama berlangsung dari Januari hingga Mei 2012. Selama masa itu, pihak panitia mengundang masyarakat internasional untuk menominasikan para wali kota yang dianggap layak untuk masuk seleksi.

Putaran kedua berlangsung dari 18 Juni hingga 20 Oktober 2012. Saat itu para kandidat diseleksi menjadi 25 pejabat terbaik. Sebanyak 463.000 individu dan organisasi di penjuru dunia berpartisipasi dalam putaran kedua penilaian.

Selama periode ketiga – November hingga Desember 2012 – para kandidat diseleksi lagi untuk masuk ke daftar sepuluh besar. Dari situ terpilih pejabat yang terbaik. (VN)

Daftar 10 Wali Kota Terbaik Dunia:

1. Inaki Azkuna, Bilbao, Spanyol
2. Lisa Scaffidi, Perth, Australia
3. Joko Widodo, Surakarta, Indonesia
4. Regis Labeaume, Quebec City, Kanada
5. John F Cook, El Paso, AS
6. Park Wan-su, Changwon City, Korea Selatan
7. Len Brown, Auckland, Selandia Baru
8. Edgardo Pamintuan, Angeles City, Filipina
9. Mouhib Khatir, Zeralda, Aljazair
10. Alfonso S?nchez Garza, Matamoros, Meksiko.
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita, Berita Pilihan, Informasi Untuk Kab. Karo. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *