PEMKO TANJUNGBALAI SIAPKAN BANK SAMPAH

TANJUNGBALAI – Antisipasi membludaknya sampah di Tempat Pembuangan Akhr (TPA) pada tahun 2013, Pemko Tanjungbalai sudah menyiapkan “Bank” sampah.

“Bank” sampah itu fungsinya sebagai unit penampungan sampah an-organik yang dikumpulkan mayarakat”, kata Walikota, Thamrin Munthe di kantor DPRD Tanjungbalai.

Dijelaskan, saat ini keberadaan “Bank” sampah itu masih dipusatkan di inti kota, yakni kecamatan Tanjungbalai Selatan. Diharapkan kepada masyarakat dapat mencontohnya, dengan membuka “Bank” sampah baik di tingkat Kecamatan maupun Kelurahan.

Lebih lanjut, kata Walikota, saat ini Pemkot bekerjasama dengan Politeknik Tanjungbalai membuat suatu alat inovasi baru, dapat mendaur ulang sampah plastik yang diolah menjadi cairan, berupa bahan baker minyak, gas dan minyak organic.

“Pada tahun ini, juga mengadakan peralatan mesin pengolah sampah an-organik, terutama plastik menjadi biji plastic yang mempunyai nilai ekonomis tinggi,” katanya hari ini.

Ditambahkan, dengan demikian, otomatis dapat mengurangi volume sampah yang dihasilkan setiap hari. “Inovasi ini, tujuannya untuk meminimalisir belanja daerah untuk pembelian lahan TPA.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *