MEGAWATI: SUMUT HARUS JADI HALAMAN DEPAN NKRI

Medan, (Analisa). Ketua Umum DPP PDIP Hj Megawati Soekarnoputri menegaskan, Provinsi Sumatera Utara harus menjadi halaman depan dalam negara Indonesia. Untuk itu, perlu sosok pemimpin yang tepat agar bisa membawa daerah ini lebih baik.
“Saya tegaskan pada ‘Raja Bolon’ (Effendi Simbolon-red), bahwa Sumut harus menjadi halaman terdepan dalam NKRI ini,” tegas Megawati di depan tiga ribuan kader PDIP di Hermes Palace, Jalan Mongonsidi, Medan, Sabtu (5/1) siang.

Menurutnya, potensi Sumut untuk menjadi terdepan sangat banyak. Mulai dari sumber daya manusia dan alam yang ada, serta letak geopolitk dan ekonomi yang berada di Selat Malaka menjadi modal dasar untuk mencapai kemajuan.

“Saya yakin dengan pasangan Effendi Simbolon dan Jumiran Abdi yang didukung PDIP, PPRN dan PDS akan membawa Sumut lebih maju,” tegasnya lagi.

Dia juga menegaskan, dalam penetapan pasangan calon yang diusung PDIP ini dilakukan melalui proses dan mekanisme yang sudah diatur dalam partai. “Saya tahu siapa yang kerja. Saya seperti dikatakan telah menzalimi seseorang, padahal tidak. Ini semua melalui proses panjang. Saya punya kuping dua. Saya tahu siapa yang kerja. Saya pernah presiden. Saya memiliki jalur khusus untuk melihat seseorang,” sebut Megawati disambut aplaus ribuan kader.

Berdasarkan itu, katanya, walaupun banyak nama yang masuk ke DPP PDIP untuk calon, namun dia sendiri memutuskan Effendi Simbolon untuk maju. Alasannya, bagaimana Sumut yang memiliki potensi besar ini bisa dipimpin sosok pejuang yang tegas.

“Pertama saya katakan, ‘Raja Bolon’ maju dalam Pemilukada Sumut, dia diam. Kemudian, saya tegaskan lagi, bahwa kader PDIP harus siap berjuang. Baru, dia (Effendi-red) mengaku, siap,” jelas Presiden ke 5 RI tersebut.

Mega menjelaskan, Effendi Simbolon sebagai sosok yang tegas, pejuang dan pemberani. Sebagai anggota DPR RI yang membidangi energi, Effendi selalu terdepan membela soal listrik, BBM.

“Kalau Sumut menghadapi tantangan soal listrik dan minyak, dia (Effendi-red) jagonya,” sebut Megawati dan disambut lagi aplaus ribuan kader.

Selain itu di Sumut sendiri, lanjutnya, masih banyak persoalan lain yang patut diselesaikan. Soalnya, menurut data BPS 2010, ternyata rumah tangga sasaran kemiskinan masih 42,5 persen. Begitu juga hasil Musrenbang 2012, ada 2900 desa atau 57,5 persen yang masuk kategori tertinggal.

Belum lagi, tingginya usia produktif di Sumut yang tidak memiliki pekerjaan. Pengangguran tertutup mencapai 700 ribuan, angka kematian bayi 22/1000 kelahiran hidup atau lebih tinggi dari rata-rata nasional. Semua masalah menjadi tantangan yang harus bisa diselesaikan.

Kedatangan Megawati dalam acara itu membangkitkan lagi semangat ribuan kader PDIP. Mereka begitu antusias. Semangat mereka seakan terbakar dan berkobar mendengar pidato Ketua Umum DPP PDIP tersebut.

Walaupun Megawati mengaku sangat mengharapkan kemenangan bagi pasangan ESJA, namun dia tetap mengimbau, agar proses pemilukada di Sumut tetap berjalan aman, langsung, jujur dan adil. “Jangan sampai Pemilukada menjadi ajang perpecahan bagi kita. Seperti dikatakan Bung Karno, pemilu adalah alat mencapai tujuan negara untuk menghapus ketidakadilan. Jangan sampai alat menjadi tujuan sehingga timbul perpecahan,” tegasnya.

Sebelumnya, Koordinator Tim Pemenangan Effendi MS Simbolon-Jumiran Abdi (ESJA), Budiman Nadapdap menyampaikan, pasangan ESJA diyakini bisa menang satu putaran.

Hal itu terlihat dari antusias masyarakat terhadap pasangan ESJA yang terus meningkat. Pasangan ini sudah melakukan sapari ke 33 kabupaten/kota di Sumut.

“Hasilnya, kita melakukan pemetaan. Ada 11 zona yang 65 persen penduduk Sumut, kita targetkan 13 persen suara. Kemudian di zona penyangga 20 persen serta di zona spesipik akan kita raih 70 persen. Dalam waktu dekat, pasangan ini akan melakukan sapari lagi ke 33 kabupaten/kota,” sebutnya.

Budiman juga mengakui, di awal-awal penetapan pasangan ESJA, sempat ada suasana ‘kebatinan’ di internal partai. Namun, kini kader partai sudah bulat untuk memenangkan pasangan ESJA satu putaran.(nai)
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *