KASUS KEKERASAN RENTAN TERJADI DI ACEH

BANDA ACEH – Kordinator KontraS Aceh, Destika Gilang Lestasi mengatakan bahwa pihanya memperkirakan kasus-kasus kekerasan antar masyarakat yang bermotif agama cenderung akan meningkat pada tahun mendatang.

“Isu agama, aliran sesat dan isu politik akan menjadi faktor triger atau pemicu untuk meningkat kelevel yang lebih luas, dengan melibatkan aktor dan masyarakat,” katanya hari ini di Banda Aceh.

Menurutnya, sebagai lembaga yang selama ini melakukan pemantau teradap aksi-aksi kekerasan di Aceh, pihaknya sudah memberikan masukan dan rekomendasi kepada Polda Aceh sebagai institusi penegak hukum di Aceh.

“Indikator akan terjadinya kekerasan dan berbagai potensi yang dapat menyulut tidakan kekerasan yang melibatkan komunal ataupun aktor sudah kita sampaikan kepada Polda, hal ini dimaksudkan agar dapat dideteksi pontesi guna dicegah agar tidak meluas,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Advokasi dan Investigasi, Hendra Syahputra menambahkan, kekerasan yang bermotif politik juga akan mewarnai tahun 2013, hal ini dikarenakan pada tahun 2014 akan terjadi pemilihan umum legislatif.

“Potensi kekerasan bermotif politik juga akan sangat tinggi dan rentan terjadi sepanjang tahun ini nantinya,” tukasnya.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *