WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA PADANG SIDEMPUAN DILANTIK

PADANG SIDEMPUAN  – Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu)  Gatot Pujo Nugroho  secara resmi melantik Andar Amin Harahap dan Muhammad Isnandar Nasution sebagai Walikota dan Wakil Walikota Padang Sidempuan periode 2013-2018.

Gatot melantik keduanya melalui rapat istimewa DPRD Padangsidimpuan di Gedung Nasional Padangsidimpuan, Jumat (4/1), yang dipimpin langsung Ketua DPRD Padang Sidempuan Aswar Syamsi dan Wakil Ketua Tati Ariyani Tambunan.

Dalam sambutannya Gatot mengatakan hari ini Pemerintah Kota Padangsidimpuan telah melaksanakan estafet kepemimpinan untuk lima tahun kedepan, dan tentunya banyak harapan dalam setiap proses estafet kepemimpinan tersebut. Hal ini sangat wajar karena masyarakat selalu menginginkan pembaharuan dari kandidat yang terpilih.

Tentunya hal ini tidak dijadikan beban bagi walikota dan wakil walikota yang baru dilantik, namun hendaknya dijadikan motivasi untuk berbuat yang terbaik dalam menjalankan tugas yang telah diamanhkan kepada saudara berdua.

Ia mengatakan, Kota Padang Sidempuan merupakan salah satu kota di Sumatera Utara yang resmi berdiri pada tahun 2001 dan merupakan hasil pemekaran wilayah dari Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kota Padangsidimpuan seperti halnya kota lain di Sumut mengalami kemajuan terutama jika dilihat dari sektor perdagangan, hotel dan restoran yang memberi kontribusi paling dominan hingga mencapai 22,82 persen terhadap PDRB, menyusul sektor jasa-jasa 19,35 persen.

Kemudian sektor pertanian 15,80 persen, pengangkutan dan komunikasi 11,91 persen, keuangan, persewaan dan jasa perusahaan 12,22 persen dan industri pengelolaan 11,78 persen. Dari besaran angka-angka tersebut, Kota Padangsidempuan dapat disebutkan  sebagai kota perdagangan dan jasa.

Hal ini harus dicermari oleh walikota dan wakil walikota yang baru, untuk dapat menyusun prioritas sektor pembangunan yang akan dikerjakan pada masa kepemimpinan lima tahun kedepan dengan tidak melupakan sektor-sektor lain.

Seluruh potensi yang dimiliki oleh daerah ini, lanjut Gatot, harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat.
Dalam mengelola potensi ini tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah Kota Padangsidimpuan saja, namun diperlukan kontribusi dari semua pihak dan upaya kerjasama untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

“Tanpa hal ini, berbagai potensi tersebut tentunya akan sia-sia dan tidak akan memberikan kontribusi yang signifikan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Gatot juga mengajak kepada seluruh perantau dari daerah ini untuk lebih berperan aktif. Daerah ini memiliki perantau-perantau yang telah berhasil untuk dapat berperan guna meningkatkan daya saing daerah, sehingga pada saatnya, masyarakat akan siap untuk bersaing secara global tanpa melupakan jati diri sebagai masyarakat Kota Padangsidimpuan yang harmonis.

Sebelum mengakhiri sambutannya, gatot mengajak semua elemen di daerah itu untuk senantiasa mendukung walikota dan wakil walikota yang baru.

“Walaupun dari segi usia masih relatif muda, saya yakin mereka memiliki motivasi yang lebih untuk dapat mewujudkan janji-janji pada saat kampanye, dukungan dari saudara-saudara sekalian akan mempercepat terwujudnya janji-janji tersebut,” katanya

Gatot juga mengatakan bahwa tahun 2013 adalah tahun politik secara nasional maupun lokal karena tahun ini bangsa Indonesia sudah akan masuk tahapan penyelenggaraan pemilu legislatif. Khususnya masyarakat Sumut yg akan menggelar  pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada Kamis, 7 Maret 2013 mendatang.

“Saya minta kepada walikota dan wakil walikota membangun kordinasi pimpinan daerah dan forum-forum strategis agar menjaga kondutifitas kota Padangsidimpuan,” ujarnya.

Selain itu memaknai hakekat pilgubsu maupun pemilu adalah tolak ukur keberhasilan pemerintah daerah dan pemerintah dalam membangun kehidupan demokrasi yang sehat dan beretika. “Kembangkan kearifan lokal ditengah masyarakat mewujudkan demokrasi dan kebersamaan dalam pembangunan” ajaknya.

Acara pelantikan ditandai penyematan tanda jabatan dan penandatanganan  Hadir pula  Walikota dan Wakil Walikota Padang Sidempuan periode 2008-2013 Zulkarnaen Nasution  dan  Mara Gunung Harahap forum pimpinan SKPD Padangsidempuan, pejabat sipil, TNI, Polri, Tokoh Agama, Masyarakat, Pemuda, Bupati Walikota tetangga yang hadir. Dari Pemrovsu hadir Ketua Tim Penggerak PKK sumut Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho, Sekdaprovsu Nurdin Lubis, ketua Dharma Wanita Persatua Doharmi Nurdin Lubis dan beberapa pimpinan SKPD Pemprovsu.

Pelantikan juga diselingi tiga kali bunyi letusan meriam sebagai tradisi saat terjadi pergantian pimpinan di kota Padangsidimpuan. Plt Gubsu juga disambut oleh tokoh adat dan tokoh Padangsidimpuan dengan memakaikan topi adat dan diulosi saat berada di depan gedung nasional sebagai penyambutan dan penghormatan pada seorang pemimpin.
sumber: waspada

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *