PERAMPOK MENYARU GENG KERETA MODUS BARU KEJAHATAN

MEDAN (Waspada): Kasat Reskrim Polresta Medan Kompol Yoris Marzuki  mengimbau warga Medan untuk berhatihati dengan modus kejahatan baru,  yakni perampok menyaru sebagai geng kereta dalam menjalankan aksinya.

“Di tahun 2013, para pelaku perampokan kini memakai modus baru dengan  menyaru sebagai anggota geng kereta dalam menjalankan aksinya,” kata Yoris  Marzuki kepada wartawan di lapangan Merdeka Medan, Rabu (2/12) malam.

Hal itu dikatakan Yoris ketika ditanya wartawan evaluasi Sat Reskrim Polresta  Medan terhadap aksi kejahatan pada tahun 2012, yakni aksi kriminalitas  pencurian kendaraan bermotor dan gangguan geng kereta relatif tinggi di kota  Medan, dibanding aksi kejahatan lainnya.

Yoris mengimbau masyarakat pada tahun 2013 ini tetap mengantisipasi dan  menjaga keamanan kendaraannya dengan memakai kunci ganda. “Pakailah  kunci ganda untuk menjaga keamanan sepedamotor saat parkir,” sebutnya.

Menurut dia, selama tahun 2012 aksi kejahatan konvesional seperti perampokan  di komplek perumahan dan penjambretan sudah menurun. Di tahun 2011, aksi  kriminalitas di kota Medan, kebanyakan didominasi oleh perampokan di rumah  kosong dengan terlebih dahulu menyekap korbannya.

Sementara itu, untuk kasus lain yang menurun tindak kriminalitasnya adalah  jambret. “Biasanya pada malam tahun baru tindak kriminal jambret dan  perampokan banyak terjadi. Alhamdulilah tahun ini Medan kondusif,” tutur Yoris.

Sedangkan untuk kasus geng kereta, lanjut dia, kasusnya sudah menurun diakhir  tahun, kalau pun ada pada pekan lalu karena memang pada waktu bersamaan  polisi sedang fokus mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kemarin kan sempat ada aksi geng kereta dan sudah kita amankan. Kepada  petugas mereka malah tidak mau disebut sebagai geng kereta, mereka  mengatakan bahwa aksinya itu memang murni aksi perampokan. Karena itulah,  dalam waktu dekat kepolisian kembali menggalakkan razia rutin untuk menekan  aksi kriminalitas,” ujar Yoris. (m39)
sumber: waspadamedan

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *