MENGAPA DAHLAN SENGAJA TABRAKKAN TUCUXI?

TEMPO.CO, Magetan–Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan membeberkan penyebab kecelakaan mobil elektrik tucuxi yang dikendarainya saat melaju di Jalan Raya Solo-Magetan, Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Sabtu sore, 5 Januari 2013.

“Rem (kaki) dan hand rem tidak berfungsi. Saya sengaja menabrakkannya ke tebing,” katanya saat diwawancarai di Pondok Sabilil Muttaqin (PSM) Kecamatan Takeran, Magetan, Sabtu 5 Januari 2013 malam.

Menurut Dahlan, keputusan menabrakkan mobil ke tebing untuk menghindari kecelakaan yang lebih parah. “Kalau tidak saya tabrakkan ke tebing, bisa tabrakan dengan mobil di depan saya dan akan banyak jatuh korban,” ucapnya.

Diduga kampas rem habis karena pengereman yang berlebihan dalam jangka waktu cukup lama. “Mungkin salah saya karena terlalu banyak mengerem sebelumnya,” ucapnya. Lihat foto-foto mobil Tucuxi milik Dahlan.

Medan yang dilalui sebelum kecelakaan memang cukup berat. Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur, yang berbatasan dengan Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, merupakan wilayah lereng Gunung Lawu. (Lihat pula: Ki Manteb: Dedemit Jangan Ganggu Dahlan dan Mobil Dahlan Diruwat Dalang Setan).

“Medannya memang menanjak dan menurun sehingga saya banyak mengerem,” tutur Dahlan. Lokasi kecelakaan berada di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, setelah rombongan melewati kawasan wisata Telaga Sarangan, Magetan.

Sabtu pagi, Dahlan mengendarai tucuxi dari Solo dan dijadwalkan tiba di kampung halamannya, Magetan, sore hari. Namun nahas, mobil yang dikendarainya terperosok dan menghantam tiang listrik serta menyenggol sebuah mobil dari arah berlawanan. Kaca seluruh mobil tucuxi pecah.

Sejak mengendarai dari Solo, Dahlan ditemani mekanik mobil bernama Riki. Beruntung Dahlan dan Riki selamat dan tak mengalami luka serius. Usai kecelakaan, Dahlan langsung dievakuasi dan dibawa dengan mobil peserta rombongan. Dahlan langsung menuju PSM Takeran dan sempat beristirahat. Saat petang atau sebelum salat Magrib, ia menemui sejumlah kerabat dan alumni PSM Takeran yang hadir menyambutnya.

Dengan gaya santainya, Dahlan mengenakan sarung dan kaos sambil menyalami para undangan yang datang. Di Magetan, selain bertemu keluarga besarnya, Dahlan menghadiri acara salawat bersama yang digelar PSM, Sabtu malam. PSM Takeran merupakan pondok yang membesarkan Dahlan dan pengasuhnya masih keluarga besar Dahlan. Simak berita Dahlan Iskan dan proyek mobil listriknya.
sumber : tempo

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *