BADAN JALAN DI SIPIROK AMBLAS

Tapsel, (Analisa). Badan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tepatnya sekitar 1 kilometer dari Aek Latong amblas sepanjang dua meter dengan kedalaman 10 meter.
Informasi dihimpun Analisa Jumat (4/1), kondisi badan jalan yang abrasi itu telah berlangsung sekitar dua bulan, namun hingga kini belum ada penanganan berarti dari instansi terkait.

Menurut salah seorang warga setempat, H. Siregar (48), awalnya lebar badan jalan yang abrasi itu hanya sekitar 0,5 meter, namun kian hari makin melebar hingga mencapai 2 meter.

“Intensitas hujan yang cukup tinggi belakangan ini, membuat tanah longsor sehingga menambah lebar badan jalan yang amblas, tapi jika tadinya ditangani cepat pemerintah, kondisinya tidak akan separah ini,” terangnya.

Sementara itu, Kodir Pohan (43) salah seorang pengendara roda empat yang kerap melintas di kawasan itu mengaku, kerap was-was bila melewati kawasan jalan dekat Aek Latong tersebut.

“Gimana tidak was-was, setengah badan jalan sudah amblas dan menganga jurang yang cukup dalam di samping jalan,” ungkapnya.

Kodir menilai, jika tidak segera ditangani, badan jalan dikawasan itu akan amblas secara keseluruhan, karena tidak mampu menopang beban kenderaan yang melintas cukup banyak diatasnya.

Diharapkannya, instansi terkait segera terjun untuk memperbaiki jalan berstatus nasional itu, agar tidak jatuh korban dikemudian hari .

“Segeralah bertindak, jangan tunggu korban jatuh, jika memang masih memiliki rasa empati kepada masyarakat khususnya pengendara yang melewati kawasan itu, ” imbuhnya.

Pantauan Analisa, kenderaan roda empat dan lebih yang melewati kawasan tersebut, terpaksa mengantri melintas karena hanya satu kenderaan yang muat lewat.

Kondisi yang gelap karena tidak adanya lampu penerang di titik amblas, menambah kekhawatiran para pengendara yang melewati satu-satunya jalur menuju Kota Medan dan sekitarnya tersebut.
sumber: analisadaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *