ARUS BALIK KELUAR MEDAN MULAI MEMUNCAK

MedanBisnis – Medan. Arus balik keluar Medan mulai memuncak, Rabu (2/1) kemarin. Kepadatan penumpang mulai memadati Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Polonia Medan, khususnya penumpang asal Jakarta dan Pekanbaru.
Pantauan MedanBisnis, kepadatan terjadi karena sebagian besar penumpang lebih memilih waktu untuk kembali ke Jakarta dan Pekanbaru pada Rabu (2/1) karena pada Kamis (3/1) banyak yang mulai masuk kerja. Sebagian besar penumpang memilih pulang di sore hari karena pada malam hari setibanya di tujuan, dapat beristirahat.

“Rabu, saya masih cuti. Belum masuk kantor. Saya cuti sampai hari Sabtu, tapi istri saya ini sudah masuk kerja hari Kamis. Jadi, kita pilih waktu pulang hari Rabu, karena nanti malam bisa istirahat dan besok mulai kerja lagi. Saya pulang ke kampung halaman di Tarutung,” kata Ferdinand Situmorang yang mengaku warga Jakarta Timur Komplek Merpati.

Selain Ferdinand, ada juga Amril dan Nining yang hendak pulang ke Pekanbaru dengan penerbangan Air Asia. Amril dan istrinya tersebut merupakan warga Medan yang menetap di Pekanbaru. Meski berwiraswasta, dia mengaku harus pulang pada, Rabu (2/1), karena harus melakukan transaksi untuk penjualan hasil kebun sawitnya di Sorek, Pekanbaru.

“Sebenarnya, mau di Medan ketemu orangtua lebih lama sampai Minggu. Namun, kita harus pulang lebih cepat karena mau transaksi tandan buah sawit itu di kampung. Memang ada pekerja, tapi untuk urusan transaksi penjualan saya harus pulang kesana. Karena saya yang menjualnya ke penampung,” ungkap Amril.

Bersadarkan data dari posko pemantau arus mudik libur Natal dan tahun baru, terjadi peningkatan volume kedatangan penumpang domestik dari luar daerah sebesar 7.500 penumpang tahun ini. Sedangkan pada tahun lalu volume kedatangan penumpang sebesar 5.200 orang. Angka tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 20 persen.

Petugas Lion Air di Bandara Polonia, Safwan, mengungkapkan untuk penerbangan Medan-Jakarta dan Medan-Pakanbaru paling banyak yang dipesan oleh penumpang. Selain dua penerbangan itu, ada juga Medan-Banda Aceh yang paling banyak dipilih oleh penumpang.

“Untuk tiga rute ini, memang paling favorit karena banyak yang melakukan perjalanan ke Medan sebelumnya pada rute yang sama. Kali ini, rute yang paling banyak dipilih adalah Medan-Jakarta. Tiga rute ini, seluruh penerbangan kita penuh. Paling banyak yang kita layani pada penerbangan malam hari dan sore hari,” akunya.(sulaiman achmad)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *