ANGGARAN GAJI PNS TINGGI, 302 DAERAH TERANCAM “BANGKRUT”

MedanBisnis-Jakarta. Akibat gemuknya anggaran birokrasi, 302 daerah berpotensi mengalami kebangkrutan. Daerah-daerah tersebut mengalokasikan 50% anggarannya untuk belanja atau gaji pegawai. Bahkan ada 11 daerah yang 70% anggarannya untuk gaji pegawai.
“Kondisi ini berpotensi mengakibatkan daerah-daerah tersebut terancam bangkrut,” ungkap Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Yuna Farhan dalam konferensi pers di kantornya, Mampang, Jakarta, Jumat (4/1/2013)Yuna menyebutkan, pertumbuhan belanja pegawai di pemerintah daerah pada periode 2007-2012 mencapai 19%. Sementara pertumbuhanbelanjapusat hanya 17%.

“Artinya pertumbuhan belanja lebih banyak dinikmati oleh pegawai yang manfaatnya tidak dinikmati oleh rakyat,” jelasnya.

Selain itu, belanja pegawai yang besar juga disebabkan oleh kehadiran lembaga-lembaga non struktural yang semakin menjamur. “Ini yang mengakibatkan komponen belanja pegawai semakin besar,” ucap Yuna.

Ia menegaskan, jika kondisi ini dibiarkan dengan tergerusnya belanja publik dalam jenis belanja barang dan jasa serta belanja modal oleh belanja pegawai, maka dampak terburuk bagi daerah adalah kebangkrutan.(dtf)
sumber: medanbisnisdaily

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *