WARGA DESA KOLAM GELAR WAYANG KULIT DAN BERSIH DESA

Percut Sei Tuan-andalas Warga Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan menggelar acara bersih desa, sekaligus menyambut Tahun Baru 2013, dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang mendatangkan dalang Kidalang  Joko Santoso dari Simalungun, kemarin malam.

Kepala Desa Kolam, Kamaruddin sebelum pagelaran mengatakan, kegiatan dilaksanakan berkat kebersamaan antara Pemerintahan Desa Kolam dengan semua lapisan masyarakat.

Hingga acara bersih desa dapat terlaksana dengan baik dan berharap, kegiatan ini tahun depan akan tetap dilaksanakan lebih baik lagi bila elemen masyarakat ikut mendukung.

Sementara, Camat Percut Sei Tuan Darwin Zein SSos menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Kolam, yang telah berupaya berbuat terbaik, melakukan pelestarian budaya dengan melalui pagelaran wayang kulit.

Kebersamaan ini hendaknya tetap terpelihara dengan baik, karena warga masih tetap peduli untuk melestarikan budaya tradisional. Semangat kebersamaan ini bisa menjadi perekat dan pemersatu umat.

Warga diminta agar tetap menjaga kekompakan, apalagi saat suasana seperti ini, yang sebentar lagi akan ada pelaksanaan Pilgubsu. Jangan mudah terpengaruh hasutan orang-orang tak bertanggung jawab.”Jangan karena Pilkada kita mudah terpecah belah. Kita harus tetap kompak, menjadi warga yang cinta perdamaian, rukun, aman dan sentosa,”harap Darwin.

Mari kita jadikan pagelaran wayang kulit ini bukan hanya sebagai tontonan. Namun apa yang disampaikan Ki Dalang bisa menjadi tuntunan untuk diambil intisari dari cerita yang disampaikan Ki Dalang, untuk menjadi teladan. “Pemerintah Kecamatan Percut Sei Tuan akan terus mendukung kegiatan ini,” kata Darwin.

Sementara, ketua panitia Pelaksana kegiatan bersih desa, Rahmat melaporkan, kegiatan murni dari swadaya masyarakat secara patungan menghimpun dana utuk kegiatan ini dan lakon yang disampaikan Ki Dalang Joko Santoso, wahyu ketentreman.

“Dalam cerita ini mengisahkan tentang beratnya menerima sebuah amanah untuk menjadi penguasa dalam memimpin negara,” ujarnya. (FT)
sumber : harianandalas

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *